3 Bahan Skincare Ini Bantu Memperkuat Kulit Kenyal dan Lembap

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

kecantikan

3 Bahan Skincare Ini Bantu Memperkuat Kulit Kenyal dan Lembap

Minggu, 27 Maret 2022 09:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit adalah organ terbesar Anda. Kulit bertindak sebagai garis pertahanan pertama tubuh terhadap kuman dan iritasi, Namun, seiring bertambahnya usia, kulit semakin lemah karena produksi kolagen menurun. Sementara hilangnya kolagen ini dapat menyebabkan kerutan dan wajah yang tampak lebih tipis, menurut Ivy Lee, MD, dokter kulit bersertifikat di Pasadena, California, Amerika Serikat. Walhasil, kondisi tersebut bisa membuat kulit lebih rentan terhadap cedera dan infeksi.

"Kami menganggap kulit yang kuat berarti tidak mudah memar dan tidak mudah robek atau robek seperti yang bisa kita lihat pada orang tua," kata Dr. Lee dikutip dari laman Well and Good.

"Dan jika Anda mencoba mempertahankan kulit yang kenyal, tebal, dan terhidrasi, kolagen benar-benar hal yang perlu Anda pertahankan" tambah Elyse Love, MD, dokter kulit bersertifikat di New York.

Untuk menjaga kulit tetap terbentengi seiring bertambahnya usia, Dr. Lee dan Dr. Love sepakat pentingnya menggunakan produk perawatan kulit atau skincare  yang melindungi dan merangsang produksi kolagen lebih banyak.

3 produk skincare untuk memperkuat kulit seiring bertambahnya usia

1. Tabir surya

"Anda perlu memikirkan perlindungan matahari dan tabir surya," kata Dr. Lee. Paparan sinar ultraviolet (UV) menyebabkan stres oksidatif pada kulit, sehingga  degradasi kolagen dari waktu ke waktu. Maka dari itu, produk dengan SPF tinggi salah satu perlindungan terbaik untuk melawan sinar UVA dan UVB.

"Untuk SPF, saya biasanya merekomendasikan SPF 50 atau lebih, dan saya merekomendasikan ini untuk diterapkan di mana pun terkena sinar matahari" kata Dr. Lee.

Area yang diaplikasikan tabir surya tak hanya wajah, tapi juga termasuk leher dan tangan. Dan jika Anda ingin meningkatkan perlindungan lebih di area lain, kenakan busana pelindung matahari.

2. Antioksidan

"Antioksidan sangat membantu untuk melindungi kulit dari serangan polusi," kata Dr. Love. Bahan-bahan ini bertahan melawan radikal bebas sebelum mereka dapat merusak kolagen kulit Anda.

"Ketika kita berpikir tentang polusi, antioksidan sangat membantu. Mereka juga  membantu tabir surya Anda bekerja sedikit lebih baik," tambahnya. Plus, Dr. Lee menambahkan bahwa antioksidan seperti vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen tubuh Anda.

3. Retinoid

Retinoid "adalah bahan pekerja keras yang kami sukai," kata Dr. Lee. "Ini adalah bahan turunan vitamin A, retinol menjadi kekuatan yang dijual bebas, dan kemudian ada kekuatan resep turunan vitamin A," jelasnya.

"Ini ada dalam keluarga Tretinoin dan Tazarotene yang sangat membantu dan paling baik digunakan di malam hari di mana mereka benar-benar dapat merangsang produksi kolagen dalam kulit," tegasnya.

Baca juga: Pahami Perawatan Kulit Kusam, Perlakuan Salah Bisa Bikin Jerawat dan Iritasi

WELL AND GOOD