Kenali 3 Bahan Skincare yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Kulit Wajah

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

kecantikan

Kenali 3 Bahan Skincare yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Kulit Wajah

Rabu, 16 Maret 2022 07:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Salah satu masalah kulit wajah ialah flek hitam yang biasa muncul di daerah pipi dan hidung. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan bintik hitam di wajah Anda.

“Flek hitam terjadi ketika kulit memproduksi melanin berlebih, pigmen coklat alami yang memberi warna pada kulit kita,” kata dokter kulit bersertifikat Dr. Michele Green. “Alasan pasti mengapa bintik hitam muncul berkisar dari bekas jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, penuaan, hingga kekurangan nutrisi. Namun, sebagian besar bintik hitam adalah akibat dari paparan sinar matahari.”

Ketika kulit Anda terkena sinar matahari, reaksi alaminya adalah memproduksi melanin, yang membantu menghalangi radiasi UV agar tidak merusak DNA dan kulit kita lebih jauh. Inilah yang sering menjadi alasan, ketika kita berjemur dalam waktu lama, kulit kita menjadi kecokelatan.

Itu juga alasan mengapa orang dengan kulit putih mudah terbakar di bawah sinar matahari sementara mereka yang memiliki kulit lebih gelap cenderung tidak terbakar sinar matahari. Terkadang, matahari menyebabkan peningkatan produksi melanin yang tidak merata. Kelebihan melanin ini akan menggumpal dan tumpah di antara sel-sel kulit, memberikan tampilan flek hitam.”

Singkatnya, masalah kulit wajah dengan flek hitam adalah akibat dari hiperpigmentasi. Sebagian besar bintik hitam, seperti matahari atau bintik-bintik penuaan dapat dicegah dengan perlindungan SPF yang tepat dan penghindaran sinar matahari. Namun, jika Anda melihat bintik baru yang berubah dalam ukuran atau warna, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter kulit bersertifikat untuk menyingkirkan kanker kulit.

Setelah Anda menentukan bahwa bintik baru tidak berbahaya, inilah saatnya untuk mencegah dan mengobatinya melalui perawatan kulit di rumah. Berikut tiga kandungan skincare yang mengandung bahan menghilangkan flek hitam:

1. Selalu menggunakan SPF

Pelindung pertama Anda menjadi tabir surya. Setiap orang harus memakai setidaknya SPF 30 di wajah mereka setiap hari dan mengoleskan ulang setiap dua jam jika berada di luar di bawah sinar matahari, atau duduk di dekat jendela.

Para ahli menekankan perlunya mengoleskan tabir surya sepanjang hari, pastikan untuk menyiapkan formula praktis yang membuat aplikasi ulang menjadi sederhana.

2. Skincare mengandung antioksidan

Anda juga ingin memastikan bahwa Anda menggunakan produk perawatan kulit dengan antioksidan, yang penting untuk membantu mengurangi radikal bebas yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Pertimbangkan vitamin A, C, dan E, serta asam ferulat, resveratrol, dan niacinamide.

3. Gunakan produk retinol

Penting juga untuk membiasakan pengelupasan kulit dengan lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang sering menyimpan pigmen berlebih. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan produk retinoid topikal yang merawat dan memudarkan hiperpigmentasi

Retinol adalah formula retinoid yang dijual bebas dan dapat memberikan manfaat serupa dalam mengurangi munculnya bintik hitam, meskipun biasanya akan memakan waktu lebih lama.

Baca: MUA Bobbi Brown bagi Tips Makeup Glowing, Mulai dari Hidrasi Kulit Wajah

VOGUE