Tak Hanya Seremonial, Ini Alasan Mengapa Perlu Ada Hari Kebaya Nasional

Ketua Umum Kebaya Foundation Tuti Nusandari Roosdiono mendesak pemerintah untuk menetapkan Hari Kebaya Nasional/Doc. Kebaya Foundation

mode

Tak Hanya Seremonial, Ini Alasan Mengapa Perlu Ada Hari Kebaya Nasional

Jumat, 25 Maret 2022 11:13 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Yayasan Kebaya Warisan Indonesia, atau biasa disebut Kebaya Foundation, yang diketuai Tuti Nusandari Roosdiono, Kamis, 24 Maret 2022 mengukuhkan pengurus Kebaya Foundation DKI Jakarta yang diketuai Happy Farida Djarot, istri mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Ketua Umum Kebaya Foundation Tuti Nusandari Roosdiono mendesak pemerintah untuk menetapkan Hari Kebaya Nasional. “Hari Wayang Nasional sudah ada. Kini giliran pemerintah menetapkan Hari Kebaya Nasional,” ujar Tuti Roosdiono melalui siaran pers.

Saat ini Kebaya Foundation sudah punya cabang di DI Yogyakarta, kali ini giliran cabang DKI Jakarta yang didirikan. Kebaya Foundation didirikan di Jakarta pada 28 Mei 2021. Inisiator pendirian Kebaya Foundation adalah seorang seniman dan pegiat budaya Tuti Nusandari Roosdiono yang sekarang menjabat anggota Komisi IX DPR RI.

Tuti N Roosdiono mengatakan, tujuan utama pendirian Kebaya Foundation adalah untuk melestarikan warisan budaya adiluhung leluhur bangsa Indonesia yaitu kebaya. Di samping itu, katanya, Kebaya Foundation juga sedang menggalakkan penggunaan kebaya sebagai busana perempuan dalam berkegiatan sehari-hari. “Untuk itu ada 5 langkah strategis yang akan dilakukan Kebaya Foundation,” kata Tuti.

Pertama, jelas Tuti, mendorong agar UNESCO menetapkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda dunia, sebagaimana wayang. Kedua, mendorong agar pemerintah menetapkan Hari Kebaya Nasional; ketiga, mendorong berdirinya Museum Kebaya Nasional.

"Lalu keempat, bergerak aktif untuk meningkatkan literasi kebaya kepada perempuan dan generasi muda serta memberikan pemahaman filosofi tentang kebaya dan perilaku sosial perempuan Indonesia; dan kelima, meningkatkan nilai keekonomian dan nilai sosial kebaya di seluruh Indonesia sehingga berdampak positif pagi seluruh pemangku kepentingan yang terkait,” paparnya.

Dalam rangka efektivitas pelaksanaan program kegiatan Kebaya Foundation, kata Tuti, maka didirikanlah perwakilan Yayasan Kebaya Warisan Indonesia di seluruh Indonesia. “Perwakilan Kebaya Foundation yang sudah ada adalah Kebaya Foundation Perwakilan DI Yogyakarta dan sekitarnya,” cetusnya.

Melalui momen yang sama, Pimpinan Kebaya Foundation Pusat membentuk dan mengukuhkan Kepengurusan Perwakilan Yayasan Kebaya Warisan Indonesia (Kebaya Foundation) Jakarta dan sekitarnya. “Kebaya Foundation Perwakilan Jakarta dan sekitarnya dipimpin oleh seorang pegiat sosial Happy Farida Djarot sebagai ketua dan akan dibantu oleh beberapa pegiat sosial dan budaya di Jakarta dan sekitarnya,” terangnya.

Selanjutnya, kata Happy Farida menambahkan, pengurus Kebaya Foundation DKI Jakarta akan melakukan berbagai kegiatan sosial dan budaya sesuai dengan amanah yang diberikan oleh Pengurus Kebaya Foundation Pusat. “Salah satunya kami minta pemerintah untuk menetapkan Hari Kebaya Nasional,” tandasnya.

Baca: Terinspirasi Coco Chanel, Lenny Agustin Rilis Koleksi Kebaya Funky