10 Makanan untuk Bantu Tidur Lebih Nyenyak, Menurut Penelitian dan Pakar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kacang almond. Unsplash.com/dhanya purohit

Ilustrasi kacang almond. Unsplash.com/dhanya purohit

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda bahwa menerapkan kebiasaan makan yang sehat bisa meningkatkan kualitas tidur? Anda mungkin pernah mendengar bahwa susu atau teh chamomile dapat membantu tidur lebih nyenyak. Sebabnya, susu mengandung melatonin, hormon pengatur tidur alami, sedangkan teh chamomile dikemas dengan antioksidan yang meningkatkan relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur.

Tapi dua minuman ini bukan satu-satunya pilihan Anda. Ada beberapa makanan lain yang bisa membantu tidur lebih nyenyak. Pilihannya ada kacang almond, ikan salmon hingga buah kiwi.

10 Makanan Berikut Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Menurut sains dan ahli gizi, menyantap makanan berikut bantu tidur lebih nyenyak dikutip dari Real Simple, Rabu, 23 Maret 2022.

1. Kacang Almond

Segenggam kacang almond, sekitar 1 ons, memasok hampir 25 persen magnesium yang dibutuhkan wanita per hari, yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Magnesium adalah mineral penting yang sangat kurang dalam makanan kita—faktanya. Data menunjukkan bahwa hampir 80 persen dari kita tidak mengonsumsi magnesium dalam jumlah yang cukup. Plus, penelitian menunjukkan bahwa kadar magnesium yang buruk mungkin terkait dengan insomnia.

Untuk tertidur, otak Anda perlu bersantai, dan magnesium dapat membantu prosesnya. Dalam sebuah penelitian pada tikus yang diberi magnesium, mineral itu bertindak sebagai semacam "pil dingin", mirip dengan apa yang Anda harapkan dari obat anti-kecemasan. Ternyata juga reseptor yang terikat magnesium di otak, yang dikenal sebagai reseptor GABA, adalah reseptor yang sama dengan obat tidur yang diresepkan.

Karena kadar magnesiumnya yang tinggi, almond adalah salah satu makanan terbaik yang membantu Anda tidur lebih nyenyak. Anda bisa mengemil almond, mencampurnya dengan yogurt, atau menaburkannya di salad.

2. Ceri Asam

Ceri Montmorency yang asam kaya akan melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun. Dalam sebuah penelitian kecil, partisipan mengalami tidur yang lebih lama dan lebih menyegarkan setelah mengonsumsi konsentrat jus yang terbuat dari buah ini.

"Penelitian telah menemukan bahwa menambahkan ceri asam ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur pada individu yang menderita insomnia," kata Erin Palinski-Wade, RD. Ceri asam segar lebih sulit ditemukan daripada yang manis, tetapi Anda dapat menemukannya beku, kering, atau dalam bentuk jus.

3. Sayuran Hijau

"Menambahkan makanan kaya magnesium ke piring Anda jelas dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama pada individu yang menderita insomnia tengah malam, di mana mereka bangun dan tidak dapat kembali tidur," Palinski-Wade menegaskan.

"Penelitian telah menemukan bahwa diet yang kekurangan magnesium dapat membuat lebih sulit untuk tertidur kembali."

Untuk memastikan Anda memenuhi kebutuhan magnesium Anda setiap hari, tambahkan sayuran hijau—selain kacang polong, kacang-kacangan, dan biji-bijian (seperti yang disebutkan sebelumnya) ke piring Anda bersama dengan berbagai biji-bijian. Sayuran hijau juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang mengurangi stres. Cobalah arugula, bayam, lobak, atau kangkung.

4. Raspberry

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara 25 gram dan 35 gram serat per hari dan 1 cangkir raspberry menyediakan 9 gram serat. Menurut studi pada tahun 2016, menemukan bahwa diet rendah serat dikaitkan dengan tidur yang kurang nyenyak, dan asupan serat yang lebih tinggi dikaitkan dengan periode tidur yang nyenyak dan berkualitas tinggi yang lebih lama.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."