Hamil 20 Minggu, Ria Ricis Ungkap Beda Trimester Pertama dan Kedua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ria Ricis saat liburan ke Turki. Foto: Instagram/@fdphotography90

Ria Ricis saat liburan ke Turki. Foto: Instagram/@fdphotography90

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Konten kreator, Ria Ricis mengumumkan hamil anak pertama pada Selasa kemarin, 22 Maret 2022. Melalui akun media sosialnya, ia mengunggah foto dirinya bersama suami, Teuku Ryan, saat liburan ke Turki.

"ALHAMDULILLAH.. Allah titipin bayi di badan saya," tulisnya di Instagram, Selasa siang.

"gak perlu umpet-umpetan lagi deh. Akhirnya si bayi go public juga (emoji wajah tersenyum dan emoji hati biru)," sambungnya.

Usia kehamilan Ricis saat ini menuju 20 minggu. Dengan polosnya, dalam vlog bersama kedua kakaknya, Oki Setiana Dewi dan Shindy Putri, Ricis mengaku bingung mengapa usia kehamilannya melebihi waktu pernikahannya. Ricis dan Ryan diketahui menikah pada 12 November 2021.

"Jalan 20 minggu, tapi aku bingung kok hitungannya lebih dari tanggal nikah. Kan aku nikah tanggal berapa, ya. Oh tanggal 12 kemarin, aku empat bulanan," jelasnya dikutip dari kanal Youtube kakak sulungnya, Oki Setiana Dewi, Selasa, 22 Maret 2022.

"Kata dokter Akri, "ini udah jalan 20 minggu, mbak'. Loh tapi kan, kalau diitung kok lebih 2 minggu (dari usia pernikahan)," tuturnya.

"Ya, gitu intinya, trus proses pembentukan (sel) telur itu kan setiap orang, ada masanya, berbeda-beda," timpal kakak kedua Ricis yang juga dokter, Shindy.

Oki Setiana Dewi kemudian mengungkapkan bahwa ia juga mengalami hal yang sama seperti Ricis di kehamilan pertama."Mbak Oki dulu juga sempat nanya, 'dok, kayaknya belum segini deh'. Tapi dia ngitungnya dari apanya gitu. Yasudahlah," kata ibu empat anak itu.

Ditemani kedua kakaknya, Oki Setiana Dewi dan Shindy Putri, Ria Ricis membagikan kondisi kehamilan di trimester pertama dan kedua. Foto: tangkapan layar Youtube/Oki Setiana Dewi

Ricis kemudian mengungkapkan alasannya baru mengumumkan kehamilan setelah melewati trimester pertama. "Takut, riskan, karena belum kuat (janinnya)," imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, kondisi kehamilan di trimester pertama cukup berat. Ia sering mengalami mual dan muntah, bahkan saat tengah malam. Jadi, ia fokus beradaptasi dengan masa itu dan menguatkan dirinya.

"Apakah selama 9 bulan akan kayak begini (mual dan muntah)," tukasnya. "Trus yang bikin aku kesal, kenapa aku gak kuat. Kenapa ngeluh," tambahnya sambil menahan tangis.

Saking kesalnya kala itu, ia sempat memukul perutnya saat sakit melanda. "Aku marah sama diri aku. Trus terserah deh ini tayang apa (enggak), aku pukul perut aku. Karena aku bete, kayak kenapa sih harus sakit," jelasnya

Melihat adik bungsunya mulai bersedih, Oki membantu menjelaskan bahwa kesal dan lelah yang dirasakan Ricis tertuju pada dirinya sendiri, bukan kepada anak yang tengah dikandungnya. Momen di mana seharusnya ia kuat dan bahagia menjaga karunia yang dititipkan, tapi ia bergulat dengan emosinya yang naik turun.

"Jadi, sedih sama dirinya sendiri, kenapa saya kesel, padahal saya mengharapkan anak ini, gitu loh maksudnya," tutur aktris dan pendakwah berusia 33 tahun itu.

Ria Ricis dan Teuku Ryan memamerkan hasil test pack. Foto: Instagram Ria Ricis.

Untuk mengalihkan stres dan kerap menangis di trimester pertama, Ricis kerap diajak jalan-jalan oleh Ryan yang biasa disapanya abang. "Soalnya kata abang, 'kamu kalau di rumah, nangis terus," ujarnya.

Di trimester kedua, Ricis mengaku sudah lebih kuat dari sebelumnya. Ia pun meminta maaf atas segala tindakannya kepada calon anak pertamanya. "Udah jalan tiga bulan udah mulai reda, menerima, sayang-sayang. Maaf ya kemarin, ibu gini-gini, maaf, maaf ya," ujar perempuan 26 tahun itu.

Selain masih ada sedikit mual dan muntah, kini ia merasakan pusing. "Kayak ditusuk-tusuk (kepalanya). Itu kan kemarin ampe dibawa ke IGD (Instansi Gawat Darurat)," katanya.

Ricis juga mengaku tak suka mencium aroma apa pun, sekalipun wewangian. "Semua aroma, parfum, bau bawang, bau apa, parfum di mobil aja tak copot-copotin," urainya. Oleh karena itu, ia tak pernah memakai parfum selama kehamilan.

Bicara rencana persalinan, Ria Ricis berharap bisa melahirkan normal seperti ibundanya, Yunifah Lismawati, dan ibu mertuanya, Hainul Nur Fitriyenni.

Baca juga: Ria Ricis dan Teuku Ryan Bikin Perjanjian Pranikah, Gandengan di Depan Publik

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."