A to Z Double Cleansing, dari Manfaat hingga Cara Tepat Membersihkannya

Ilustrasi wanita membersihkan wajah. Freepik.com/Gpointstudio

kecantikan

A to Z Double Cleansing, dari Manfaat hingga Cara Tepat Membersihkannya

Rabu, 23 Maret 2022 10:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pembersihan ganda atau double cleansing ialah metode membersihkan wajah secara menyeluruh dengan dua tahap. Produk pertama biasanya pembersih berbahan dasar minyak, kemudian diikuti oleh pembersih berbasis air. Namun, bisa juga double cleansing dengan dua pembersih berbahan air, jika produk berbasis minyak tidak tepat untuk Anda.

Mengapa Anda perlu melakukan double cleansing? Pembersih berbasis minyak dirancang untuk menghilangkan kotoran berbasis minyak, termasuk riasan, tabir surya, sebum, dan polusi.

Dengan menyingkirkan kotoran tersebut, pembersih berbasis air benar-benar dapat bekerja dengan baik ke dalam kulit untuk menghilangkan kotoran dan keringat.

Double cleansing tidak hanya dimaksudkan untuk membersihkan kulit wajah secara lebih menyeluruh, tetapi juga dapat merevitalisasi kulit kusam dan memungkinkan produk perawatan kulit lainnya meresap lebih efektif.

Manfaat Double Cleansing untuk Kulit Berminyak dan Jerawat

Double cleansing bukanlah suatu keharusan, tetapi bagi jenis kulit tertentu mungkin lebih efektif daripada yang lain.

Bagi orang dengan kulit berminyak, dua formula lembut umumnya merupakan cara yang lebih baik untuk memerangi minyak berlebih daripada satu formula kuat yang dapat membuat kulit terasa terlalu kering.

Individu yang rentan jerawat mungkin juga ingin melakukan double cleansing dengan lembut untuk membantu menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Tak hanya itu, double cleansing juga berguna bagi mereka yang memakai riasan tebal.

Asal Teknik Double Cleansing

Jepang dan Korea adalah negara pencetus double cleansing. Menurut laporan, geisha Jepang menggunakan minyak pembersih diikuti dengan pembersih berbusa untuk menghilangkan riasan putih mereka.

Teknik ini juga menjadi populer sebagai bagian dari rezim perawatan kulit 10 langkah ala Korea, yang telah bermigrasi ke budaya Barat dalam beberapa tahun terakhir.

Cara Tepat Double Cleansing

Apakah Anda memilih minyak pembersih atau balsem berbasis minyak diikuti dengan gel, losion, atau krim, metodenya sama.

Oleskan pembersih berbasis minyak ke telapak tangan Anda, dan gunakan jari-jari Anda untuk memijatnya dengan lembut ke kulit dengan gerakan melingkar selama sekitar satu menit.

Jangan lupakan area sekitar mata dan garis rambut. Pembersih berbahan dasar minyak tidak masalah untuk menghilangkan riasan mata selama tidak mengandung pewangi.

Saat membilas, gunakan waslap atau tangan Anda dan air hangat untuk menghindari dehidrasi.

Pembersih berbahan dasar minyak yang mengandung pengemulsi biasanya lebih mudah dihilangkan, karena minyak bercampur dengan air untuk membuat zat seperti susu.

Siap untuk pembersih kedua? Jaga agar kulit Anda tetap lembap dan oleskan formula berbahan dasar air dengan cara yang persis sama seperti sebelumnya.

Anda tidak perlu menggunakan banyak — hanya sesendok yang akan menutupi wajah Anda dengan baik.

Setelah satu menit, bilas dengan air hangat dan keringkan kulit dengan handuk lembut.

Ingatlah untuk membaca instruksi pada label produk dan ubah teknik Anda agar sesuai.

Waktu Terbaik Double Cleansing

Umumnya, double cleansing disarankan di malam hari, waktu di mana kulit wajah cenderung tertutup riasan dan kotoran usai beraktivitas. Tetapi Anda juga bisa menerapkan double cleansing di pagi hari karena sebum dapat diproduksi saat Anda tidur.

Jadi, pilihlah waktu yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Kuncinya adalah melakukannya setiap hari untuk hasil terbaik.

Jika Anda lupa melakukan double cleansing pada suatu pagi atau malam hari, jangan panik. Lakukan saja keesokan harinya.

Kriteria Produk Pembersih Wajah untuk Double Cleansing

Pembersih yang Anda pilih semuanya tergantung pada jenis kulit Anda. Tetapi ada beberapa aturan umum yang harus dipatuhi. Yang pertama, hindari pembersih dengan kandungan sulfat. Sebab zat tersebut bisa menghilangkan minyak alami. Hindari pula  bahan yang berpotensi mengiritasi seperti wewangian dan alkohol.

Jangan lupa untuk memeriksa tingkat pH produk. Tingkat pH rata-rata kulit adalah sekitar 5, jadi cobalah untuk menemukan pembersih dengan tingkat pH yang sama untuk menjaga keseimbangan.

Baca juga: Tips Merawat Kulit Wajah ala Tiara Andini, Kuncinya Double Cleansing

HEALTHLINE