Tips Merawat Kulit Wajah ala Tiara Andini, Kuncinya Double Cleansing

Tiara Andini tetap berkarya di masa pandemi (Foto: Doc. Pribadi)

kecantikan

Tips Merawat Kulit Wajah ala Tiara Andini, Kuncinya Double Cleansing

Rabu, 29 September 2021 07:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Walaupun selama masa pandemi kegiatan offair tidak banyak dilakukan, tetapi bagi Penyanyi Tiara Andini yang masih mengisi acara musik di salah satu televisi nasional masih sering mengenakan makeup.

Pemilik nama lengkap Tiara Anugrah Eka Setyo Andini ini mengaku punya keluhan jerawat di wajahnya, terlebih jika sedang di fase datang bulan, ia harus lebih aware menjaga kesehatan kulitnya.

"Jadi kalau aku itu kan kulitnya mudah berjerawat, apalagi kalau lagi di fase datang bulan. Aku harus menjaga kesehatan kulit, karena setiap hari makeup, setiap selesai harus dibersihkan bertahap pakai double cleansing, facial wash, dan skincare lanjutannya paling nggak pakai moisturizer biar tetap lembab," ucapnya dalam tayangan Cerita Cantika bertajuk Galau Tanpa Sedih di instagram @Cantikadotcom, Jumat 13 Agustus 2021.

Bicara tips merawat kulit, Tiara tidak hanya rutin membersihkan sisa makeup seusai acara, perempuan kelahiran 23 September 2001 ini setiap kali mau berkegiatan baik di dalam atau luar ruangan memakai sunsccreen sebagai UV Protection

"Pakai suncreen penting banget bagi aku yang sering kegiatan ke luar. Dan nggak cuma dari luar pakai skincare, tetapi juga minum air putih dengan rutin," lanjutnya.

Seperti yang dilakukan Tiara, membersihkan kulit wajah memang menjadi penting bagi kamu yang sering memakai makeup. Melansir laman Stylist, Rabu 29 September 2021 yang perlu diperhatikan ialah, pertama kamu perlu memastikan pembersih yang Anda gunakan benar-benar cocok untuk jenis kulitmu.

“Saya cenderung menyarankan untuk menggunakan pembersih gel atau krim yang tidak berbusa, bebas pewangi untuk jenis kulit kering, dehidrasi, dan sensitif,” kata konsultan dermatologis Dokter Justine Kluk.

Jenis kulit wajah berjerawat harus menghindari formula berbasis minyak, sementara kulit berminyak cenderung mentolerir pembersih berbusa dengan baik. Formula tersebut biasanya cukup kering, yang dapat membuat kulit terasa kering, kencang dan tidak nyaman, tetapi mereka dapat membantu dalam hal mengurangi lemak.

Sementara itu, mengenai double cleansing menurut Justine – menggunakan dua pembersih berbeda untuk tujuan yang berbeda satu demi satu – kebanyakan ahli setuju bahwa pembersihan sekali di pagi hari sudah cukup, tetapi pembersihan ganda diperlukan di malam hari jika kamu telah memakai tabir surya dan makeup atau bahkan jika kamu baru saja keluar.

Makeup remover dimaksudkan untuk menghilangkan foundation, concealer, dan eyeshadow dari permukaan kulit, sedangkan pembersih membersihkan kulit itu sendiri, seperti kotoran, keringat, sebum, sel kulit mati, dan sisa polusi,” jelasnya.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu memiliki dalam dua produk terpisah, tetapi kamu perlu memastikan formula yang digabungkan agar benar-benar bekerja efektif dan sesuai dengan jenis kulitmu.

Micellar water juga berfungsi sebagai penghapus makeup yang baik ketika kamu merasa malas – jauh lebih baik untuk lingkungan dan kulit kamu daripada tisu dan cocok untuk semua jenis kulit. Formulanya bekerja seperti magnet, menarik kotoran dari epidermis tanpa mengeringkannya. Ini paling baik digunakan pada kapas yang dapat digunakan kembali dan dilanjutkan dengan pembersih yang tepat.

Baca: Tetap Ukir Prestasi di Masa Pandemi, Tiara Andini: Berkarya dari Hati