Merawat Skin Barrier Kulit Wajah dengan Ceramide, Apa Saja Fungsinya?

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

kecantikan

Merawat Skin Barrier Kulit Wajah dengan Ceramide, Apa Saja Fungsinya?

Senin, 14 Februari 2022 07:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika kulit Anda kerap teriritasi, masalahnya bisa berada di dalam penghalang kulit Anda, alias lapisan terluar kulit wajah Anda. Hal ini mencegah kelembaban dan air keluar, meskipun tergantung pada lingkungan dan seberapa intens Anda dengan perawatan pengelupasan atau eksfoliasi. 

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga skin barrier Anda tetap sehat. Salah satunya ialah memilih skincare berbahan ceramide yang diklaim sebagai bahan perawatan kulit yang melembabkan, mengurangi peradangan, dan memperbaiki skin barrier

Apa itu Ceramide? CEO SkinRx Lab. Hope Mitchell Bernard Kim mengatakan ceramide adalah molekul lipid yang ditemukan secara alami di kulit. Ceramide membentuk sekitar setengah dari penghalang kulit dan, dengan demikian, membantu mengurangi kehilangan air transepidermal di kulit untuk menjaga kulit yang sehat dan terhidrasi.

"Pada dasarnya adalah batas antara sel-sel kulit yang menyatukan sel-sel untuk membentuk penghalang kulit," katanya.

Meskipun kulit Anda membuat ceramide-nya sendiri, ia menjelaskan bahwa faktor lingkungan dan penuaan dapat menurunkan produksi alami kulit Anda, jadi meningkatkan kadarnya dengan krim ceramide sangat penting. "Ketika kulit rendah ceramide, kulit lebih rentan terhadap kemerahan dan kekeringan," katanya.

Mitchell menambahkan bahwa seiring bertambahnya usia, kandungan ceramide kita berkurang, yang menambah dehidrasi kulit dan berpotensi memperburuk garis-garis halus dan kerutan. Ceramide topikal melindungi penghalang kulit alami dan membantu menyembuhkannya, terutama pada mereka yang memiliki penghalang kulit yang terganggu, seperti orang dengan eksim.

Membersihkan wajah setiap hari bisa jadi cara menghilangkan jerawat. (Canva)

"Ceramides meminimalkan iritasi kulit dari stres karena lingkungan, menenangkan gejala seperti gatal, dan mempertahankan kelembaban di kulit," katanya.

Bahan perawatan kulit apa yang cocok dengan Ceramide? Ceramide bekerja dengan baik dengan bahan pengisi kulit lainnya, seperti gliserin dan antioksidan seperti vitamin C dan E. Contohnya ceramide dengan retinol, peptida, dan niacinamide.

Ceramide bekerja dengan baik dengan retinol karena membantu meminimalkan iritasi, yang pada gilirannya, mendorong penggunaan yang konsisten. Niacinamide dapat meningkatkan manfaat menenangkan kulit dan perlindungan penghalang kulit.

"Pengelupasan atau peningkatan pergantian sel dengan asam alfa hidroksi (AHA), seperti glikolat atau laktat acid, akan meningkatkan penetrasi produk yang mengandung ceramide, menjadikan bahan-bahan ini pasangan yang luar biasa dan efektif," jelasnya.

Mitchell merekomendasikan untuk mencari produk dengan konsentrasi ceramide yang tinggi. "Jika mereka terdaftar di bagian bawah, produk mungkin mengandung konsentrasi yang sangat kecil," dia memperingatkan. Jika Anda mengalami iritasi, cari juga produk bebas pewangi yang dipasarkan untuk kulit sensitif.

Baca: Masalah Kulit Wajah yang Sering Dialami Perempuan, dari Jerawat Hingga Kering

INSTYLE