Alasan Lady Gaga Luncurkan Kursus Kesehatan Mental Daring Gratis untuk Kaum Muda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Lady Gaga. Instagram.com/@ladygaga

Lady Gaga. Instagram.com/@ladygaga

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Yayasan Born This Way milik Lady Gaga bersama dengan badan amal kesehatan mental Kanada, Jack.org, meluncurkan kursus kesehatan mental secara daring dan gratis yang ditujukan untuk membantu kaum muda saling mendukung dengan cara yang aman dan baik.

Penyanyi dan aktris, 35, memberi tahu People apa yang mendorongnya untuk meluncurkan penawaran kursus baru—berjudul Be There Certificate—melalui lembaga nirlabanya.

"Saya mendengar dari orang-orang muda di seluruh dunia setiap hari bahwa mereka membutuhkan validasi, penegasan, dan dukungan dari penawaran Sertifikat Be There," kata Gaga dikutip dari People, Rabu, 9 Maret 2022.

"Berbagi sumber daya ini dengan masing-masing orang muda dan dunia berarti segalanya bagi saya dan saya membagikannya sebagai cara untuk mengingatkan diri sendiri dan semua orang bahwa kita masing-masing memiliki peran untuk dimainkan di sana untuk satu sama lain."

“Dengan Be There Certificate dan berkat kerja dari Born This Way Foundation dan Jack.org, kamu dapat belajar bagaimana berada di sana untuk diri sendiri dan orang lain dengan percaya diri, aman, dan ramah,” pelantun Shallow itu.

Menurut Gaga, untuk memulai percakapan tentang kesehatan mental dengan orang lain dan menawarkan dukungan bisa terasa sulit. Kursus secara daring ini bisa menjadi alternatif untuk mengetahui dan menjaga kesehatan mental lebih terbuka.

Ibunda Gaga, Cynthia Germanotta, yang merupakan salah satu pendiri dan presiden dari Born This Way Foundation, menambahkan, "Kami bekerja untuk mempromosikan kesehatan mental dan kebugaran kaum muda dengan: membuat kebaikan menjadi keren; memvalidasi emosi kaum muda; dan menghilangkan stigma seputar kesehatan mental."

"Sertifikat Be There adalah sumber daya kesehatan mental yang penting dan sangat dibutuhkan kaum muda di mana pun dapat memanfaatkan untuk mendukung rekan-rekan mereka dengan aman untuk membangun dunia yang lebih baik dan lebih berani," lanjutnya.

Kursus kesehatan mental secara daring dan gratis ini tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, dan Spanyol. Kursus ini dirancang untuk meningkatkan literasi kesehatan mental dan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan kepercayaan diri kepada remaja — dan siapa pun dalam hal ini — yang mereka butuhkan untuk mendukung mereka dengan aman.

Kursus ini menyediakan kerangka kerja yang mengajarkan kawula muda bagaimana mengenali ketika seseorang mungkin sedang berjuang, memahami peran mereka dalam mendukung orang itu, dan belajar bagaimana menghubungkan mereka dengan bantuan yang mereka butuhkan, tambah rilis tersebut.

"Seiring percakapan kesehatan mental di Amerika Utara berkembang, begitu pula jumlah anak muda yang mengalami masalah kesehatan mental dan melihat orang-orang di sekitar mereka berjuang. Mereka sering bertanya-tanya apa yang bisa mereka lakukan, dan sering bertemu dengan teman dan keluarga yang tidak siap untuk mendukung mereka," kata Shane Green, Wakil Presiden program di Jack.org

"Itulah sebabnya kami membuat Sertifikat Be There, untuk membekali kaum muda dengan lebih baik agar dapat dengan aman mendukung rekan-rekan dan orang-orang terkasih mereka," sambungnya

Gaga juga merayakan peluncuran Sertifikat Be There di media sosial melalui unggahan video di Instagramnya, Rabu, 9 Maret 2022. Di video itu, dia menjabarkan lima aturan emas tentang cara aman peduli kepada seseorang.

"Nomor satu, katakan apa yang Anda lihat. Nomor dua, tunjukkan kepedulian. Nomor tiga, dengarkan mereka. Nomor empat, ketahui peran Anda. Nomor lima, sambungkan untuk membantu, ramah dan aman," katanya.

Born This Way Foundation, yang didirikan bersama oleh Lady Gaga dan ibundanya mendukung kesehatan mental kaum muda dan mendorong inklusivitas melalui program berdampak tinggi, percakapan yang dipimpin oleh kaum muda, dan kemitraan strategis. Organisasi ini merayakan hari jadinya yang ke 10 pada 2022.

Baca juga: Lady Gaga Alami Gangguan Psikotik Setelah Diperkosa di Usia 19 Tahun

PEOPLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."