Ulang Tahun ke-42, Marcella Zalianty Cerita Punya Tripanofobia

Marcella Zalianty/Foto: Instagram/Marcella Zalianty

kesehatan

Ulang Tahun ke-42, Marcella Zalianty Cerita Punya Tripanofobia

Selasa, 8 Maret 2022 13:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Marcella Zalianty tengah berbahagia karena baru saja memperingati ulang tahun yang ke-42 tahun pada 7 Maret 2022. Melalui laman Instagramnya, istri Ananda Mikola ini mengunggah foto close up mengenakan blouse warna oranya, riasan natural, perhiasan, dan rambut tergerai.

Tak lupa, ibu dua anak ini juga menuliskan ucapan terima kasih dan rasa syukurnya kepada Tuhan yang telah membuatnya seperti sekarang ini.

"Saya berterima kasih kepada Allah SWT dan Semesta yang telah membuat saya cukup kuat untuk bertahan dari angin dan badai, dan membentuk saya seperti sekarang ini. Tidak bisa meminta lebih, hanya bersyukur dan berusaha menjadi lebih baik dan lebih tangguh setiap hari," harapnya saat ulang tahun

Menariknya, Marcella juga mengabarkan jika dirinya memiliki Tripanofobia. "Owh Satu hal, Karena saya seorang Tripanofobia Freaked, saya berharap saya bisa bertahan tanpa Botox dan Laser sampai lebih dari 50 atau selama ini," selorohnya.

Seperti yang disampaikan Marcella, apa itu Tripanofobia? Tripanofobia adalah ketakutan ekstrem terhadap prosedur medis yang melibatkan suntikan atau jarum suntik.

Banyak orang yang sangat takut dengan jarum suntik karena mereka tidak terbiasa dengan sensasi kulit mereka ditusuk oleh sesuatu yang tajam. Pada saat kebanyakan orang mencapai usia dewasa, mereka dapat menoleransi jarum dengan lebih mudah.

Namun, bagi sebagian orang, ketakutan akan jarum suntik tetap ada hingga mereka dewasa. Terkadang ketakutan ini bisa sangat intens.

Dokter tidak begitu yakin mengapa beberapa orang mengembangkan fobia dan yang lainnya tidak. Faktor-faktor tertentu yang menyebabkan fobia ini meliputi:

1. Pengalaman hidup negatif atau trauma sebelumnya yang disebabkan oleh objek atau situasi tertentu2. Kerabat yang memiliki fobia (yang mungkin menunjukkan perilaku genetik atau yang dipelajari)3. Perubahan kimia otak4. Fobia masa kecil yang muncul pada usia 10 tahun5. Temperamen yang sensitif, menghambat, atau negatif6. Belajar tentang informasi atau pengalaman negatif

Apa saja gejala tripanofobia?

Gejala Tripanofobia di beberapa kondisi bisa mengganggu kualitas hidup seseorang. Gejala-gejala ini bisa sangat intens sehingga bisa melemahkan. Gejala muncul ketika seseorang melihat jarum atau diberitahu bahwa mereka harus menjalani prosedur yang melibatkan jarum.

Gejalanya meliputi:

PusingPingsanKecemasanInsomniaSerangan panikTekanan darah tinggiDetak jantung depatMerasakan kekerasan secara emosional atau fisikMenghindari atau melarikan diri dari perawatan medis

Selamat ulang tahun, Marcella Zalianty!

Baca:Memasuki Tahun Macan Air, Marcella Zalianty Siapkan Kekuatan dan Pikiran Baru

HEALTHLINE