Buah Murah dan Kaya Manfaat, Pepaya Juga Bisa Cegah Kanker

Ilustrasi buah pepaya. (Pixabay/nightowl)

kesehatan

Buah Murah dan Kaya Manfaat, Pepaya Juga Bisa Cegah Kanker

Senin, 7 Maret 2022 17:35 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Ahli Nutrisi Dari Balance One Suplemen, Trista Best, mengatakan buah dapat membantu proses penuaan. Menurut Best, buah terbaik untuk memperlambat penuaan adalah pepaya. "Pepaya adalah makanan super yang mendapat sedikit perhatian karena kemampuannya untuk memperlambat dan membalikkan tanda-tanda penuaan, tetapi pembalikan terjadi baik secara internal maupun eksternal pada tingkat sel," kata Best dilansir dari Eat This.

Dia mengatakan vitamin dan senyawa tanaman yang terkandung dalam pepaya menjadikannya buah yang kaya antioksidan. Antioksidan dan vitamin ini bekerja di dalam tubuh untuk memperlambat dan membalikkan stres oksidatif. "Jika stres oksidatif ini dibiarkan terjadi dan bertahan, itu dapat merusak sel. Begitu sel-sel itu bereplikasi, kerusakannya memanifestasikan dirinya dalam bentuk kerutan, hilangnya elastisitas, dan bahkan kondisi kronis yang diperparah oleh peradangan," tambahnya.

Ada juga enzim kunci yang ditemukan dalam pepaya yang disebut papain. Menurut Best, enzim ini ditambah vitamin A, C, dan E memainkan peran penting dalam kemampuan anti-penuaan pepaya. Manfaat pepaya tidak berhenti di situ. Buah ini mengandung senyawa dan antioksidan sehat lainnya yang membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, yang juga dapat berkontribusi pada proses penuaan yang lebih lambat.

Misalnya, pepaya mengandung likopen, yang telah ditemukan untuk membantu mengurangi risiko kanker tertentu sambil juga menurunkan efek negatif radiasi pada mereka yang menderita kanker. Satu studi juga menemukan bahwa likopen tidak hanya memiliki sifat anti-kanker tetapi juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Seolah-olah ini belum cukup untuk meyakinkan Anda tentang manfaat kesehatannya, pepaya (terutama bijinya) juga telah ditemukan untuk membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan sembelit berkat kandungan serat dan airnya yang tinggi, yang dapat sangat membantu seiring bertambahnya usia.

Baca: Buah-buahan yang Aman untuk Penderita Diabetes, Bluberry, Pepaya, dan Jeruk