Nadiem Makarim Bermain dengan Anak: Semakin Berantakan, Semakin Menyenangkan!

Nadiem Makarim dan Franka Makarim bermain dengan anak mereka/Instagram-@nadiemmakarim

keluarga

Nadiem Makarim Bermain dengan Anak: Semakin Berantakan, Semakin Menyenangkan!

Minggu, 6 Maret 2022 14:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memamerkan fotonya dengan istri beserta anaknya pada Ahad 6 Maret 2022. Nadiem Makarim dengan Franka Franklin Makarim terlihat santai bersama anak mereka bermain di ruang bermain.

Sang anak yang mengenakan baju bergaris hijau terlihat sedang asik memasang berbagai huruf di karpet. Sedangkan Nadiem Makarim dan sang istri sedang memperhatikan kegiatan buah hatinya itu.

Latar belakang ruang bermain di foto itu pun menarik perhatian. Ada ayunan kayu kecil yang di ujung ruangan. Ada pula kayu tempat anak berlatih memanjat. Selain huruf-huruf yang berserak di lantai, ada pula sejumlah huruf yang tersusun rapi di kotak kayu. Sementara di rak dinding, terlihat lebih banyak lagi pilihan mainan yang bisa menjadi media bermain Nadiem dengan anak-anaknya.

Dalam unggahannya, Nadiem Makarim mengatakan membebaskan anaknya bermain apapun yang mereka inginkan. "Mau menggambar, bermain balok, atau menyusun huruf, saya dan @frankamakarim selalu membebaskan anak-anak kami untuk bermain sesuai dengan keinginan mereka," katanya pada 6 Maret 2022.

Nadiem Makarim justru berpendapat, semakin berantakan ruangan tersebut, semakin menyenangkan suasana yang dihadirkan. "Semakin berantakan ruang bermain, semakin menyenangkan!" katanya.

Bermain terlihat sebagai kegiatan yang bersifat rekreasional, namun sesungguhnya dibalik itu, bermain memiliki banyak manfaat bagi anak. Belinda Agustya, Psikolog & Co-Founder Klinik Tumbuh Kembang Rainbow Castle, pernah menyebutkan 10 manfaat utama dari anak bermain.

Manfaat pertama adalah meningkatkan kekuatan otak anak, kedua, meningkatkan kreativitas & imajinasi. Bermain dengan anak juga bisa menambah kosa kata & kemampuan berbahasa. lalu juga bisa meningkatkan kebahagiaan.

Manfaat lainnya bermain dengan anak adalah dapat membantu anak mengatasi stres dan kesehatan fisik yang lebih baik. Lalu bermain dengan anak juga bisa membantu anak lebih bersosialisasi. Dampak lainnya adalah membangun kepercayaan diri. Bermain dengan anak juga bisa memungkinkan anak mengekspresikan emosi serta membiarkan mereka mengeksplorasi kesukaan mereka.

Agar kegiatan bermain lebih bermakna, maka perlu adanya interaksi dengan orang tua saat bermain,menjadi lebih menyenangkan tanpa aturan, buat anak yang menentukan permainan apa yang dia inginkan namun tetap pastikan mainan sesuai dengan tahapan usianya, ajak anak untuk bermain mainan edukasi, sehingga anak dapat bermain sambil belajar tanpa mereka sadari.

Pada akhir pekan ini, apakah kamu sudah bermain dengan anak seperti yang dilakukan Nadiem Makarim bersama istri?

Baca: Nasi Uduk, Makanan Favorit Nadiem Makarim yang Dulu Pernah Jadi Bekal Petani