Nasi Uduk, Makanan Favorit Nadiem Makarim yang Dulu Pernah Jadi Bekal Petani

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Nadiem Makarim/instagram-@nadiemmakarim

Nadiem Makarim/instagram-@nadiemmakarim

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim membagikan makanan favoritnya yaitu nasi uduk dalam laman Instagramnya. Dalam akun Instagram @nadiemmakarim pada Sabtu, 15 Januari 2022, Nadiem mengunggah kolase foto berisi dirinya saat hendak menyantap nasi uduk, dan foto nasi uduknya itu sendiri.

Dalam foto tersebut, terlihat nasi uduk bertabur bawang goreng dibungkus dengan daun pisang. Ia menyantap nasi uduk tersebut dengan empat paha ayam goreng serta kerupuk. Nadiem mengakui bahwa nasi uduk merupakan salah satu makanan favoritnya. “Dari beras putih yang dimasak dengan santan dan rempah, terus dibungkus daun pisang dan ditaburi bawang goreng. Pantes resep warisan ini bikin rasanya enak dan gurih,” kata Nadiem Makarim pada kolom keterangan foto. |

Nadiem Makarim juga menambah informasi bahwa nasi uduk telah masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda Indonesia pada tahun 2014.

Nasi Uduk/Instagram-@nadiemmakarim

Dilansir dari Kemdikbud.go.id, berikut ini adalah 4 fakta tentang makanan khas Betawi ini:

1. Masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia
Nasi uduk resmi dimasukkan ke dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda pada tahun 2010 pada domain Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional di Provinsi DKI Jakarta. Beberapa makanan khas Indonesia lainnya yang masuk ke dalam daftar WBTB adalah rujak cingur, nasi grombyang, dan telur asin.

2. Awalnya dijual secara tradisional di kawasan Kebon Kacang, Jakarta
Daerah Kebon Kacang dikenal sebagai daerah asal dari racikan nasi uduk yang enak, sehingga nama Kebon Kacang sering dijadikan embel-embel oleh penjual untuk menarik pembeli. Nasi uduk khas Kebon Kacang dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk kerucut, dan ditaburi bawang goreng di bagian atas.

3. Hanya beberapa daerah yang nasi uduknya terkenal enak
Di zaman ini, nasi uduk sudah dijadikan makanan khas dari daerah Sumatera hingga Jawa. Namun, ternyata tidak semua nasi uduk di daerah terkenal. Beberapa nasi uduk yang terkenal enak berasal dari Medan, Lampung, dan Betawi. Nasi uduk khas Betawi memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menggunakan lauk semur jengkol dan empal.

4. Dijadikan bekal sarapan untuk petani pada zaman dahulu
Nasi uduk mengandung protein dan kalori yang cukup untuk memenuhi energi pekerja keras, maka dari itu nasi uduk dijadikan bekal sarapan untuk para petani di zaman dulu. Nasi uduk tersebut biasa disajikan hanya dengan telur dadar dan bawang goreng.

Itulah beberapa fakta dari nasi uduk yang jarang sekali diketahui banyak orang. Sebagai warga negara Indonesia, seharusnya ada kebanggaan tersendiri akan kekayaan budaya yang diidam-idamkan oleh negara lain, dan harus terus dilestarikan agar tidak hilang ataupun diambil negara lain.

Kamu juga pecinta nasi uduk seperti Nadiem Makarim?

Baca: Tahun Baru 2022, Potret Nadiem Makarim dan Franka Franklin Bernuansa Monokrom

BERNADETTE JEANE WIDJAJA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."