Rusia Invasi Ukraina, Mila Kunis: Sangat Menghancurkan

Mila Kunis berpose saat menghadiri acara premiere film "A Bad Moms Christmas di Regency Village Theatre, Westwood, California, 30 Oktober 2017. Matt Winkelmeyer/Getty Images/AFP

ragam

Rusia Invasi Ukraina, Mila Kunis: Sangat Menghancurkan

Jumat, 4 Maret 2022 11:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Mila Kunis termasuk deretan selebriti kelahiran Ukraina yang vokal terkait invasi Rusia ke Tanah Air-nya. Bersama Ashton Kutcher, suaminya, Kunis juga donasikan sejumlah uang bagi mereka yang terdampak invasi Rusia.

Lewat video pernyataan di akun Instagram suaminya pada Kamis, 3 Maret 2022, bintang Family Guy itu mengatakan bahwa mereka akan menggenapi donasi yang masuk ke platform nirlaba pilihan mereka.

Kunis memulai videonya dengan mengatakan betapa besar bangganya terlahir sebagai anak asal Ukraina. "Tidak pernah lebih bangga menjadi orang Ukraina," tulisnya.

"Dan saya tidak pernah lebih bangga menikah dengan seorang Ukraina," timpal Kutcher.

"Peristiwa yang terjadi di Ukraina sangat menghancurkan. Tidak ada tempat di dunia ini untuk serangan tidak adil semacam ini terhadap kemanusiaan," tegas Kunis.

Pasangan itu kemudian menjabarkan penggalangan dana untuk pengungsi Ukraina. "Melalui GoFundMe, penggalangan dana ini akan memberikan dampak langsung pada pengungsi dan upaya bantuan kemanusiaan. Dana tersebut akan diberikan ke Flexport.org dan Airbnb.org, dua organisasi yang secara aktif di lapangan memberikan bantuan langsung kepada mereka yang paling membutuhkannya,” tullisnya.

"Flexport.org mengatur pengiriman pasokan bantuan ke lokasi pengungsi di Polandia, Rumania, Hongaria, Slovakia, dan Moldova. Airbnb.org menyediakan perumahan jangka pendek gratis untuk pengungsi yang melarikan diri dari Ukraina. Berdiri bersama Ukraina berarti mendukung Ukraina."

"Ashton dan saya telah memutuskan untuk menggenapi sumbangan hingga USD3 juta (atau sekitar Rp43,4 miliar menurut kurs Jumat,4 Maret 2022) ke Airbnb.org dan Flexport.org melalui GoFundMe.org dalam upaya untuk mengumpulkan USD30 juta (sekitar Rp433 miliar)," kata Kunis juga dalam video tersebut.

Diketahui pada Kamis sore, GoFundMe Kunis dan Kutcher telah mengumpulkan lebih dari USD2.600.000 atau sekitar Rp37,6 miliar.

"Hari ini, saya bangga menjadi orang Ukraina. Ketika keluarga saya datang ke Amerika Serikat pada tahun 1991, saya lahir di Chernivtsi, Ukraina pada tahun 1983," tulis Kunis dalam deskripsi halaman kampanye GoFundMe. "Ukraina adalah orang-orang yang bangga dan berani yang pantas mendapatkan bantuan kami di saat mereka membutuhkan."

Serangan Rusia ke Ukraina berlanjut setelah pasukan mereka melancarkan invasi besar-besaran pada 24 Februari silam — konflik darat besar pertama di Eropa dalam beberapa dekade.

Ratusan warga sipil telah dilaporkan tewas atau terluka, termasuk anak-anak. Lebih dari satu juta orang Ukraina juga telah melarikan diri, kata PBB.

Baca juga: Soal Invasi Rusia, Ibu Negara Ukraina: Saya Tidak akan Menangis dan Panik

PEOPLE