Jangan Hanya Bicara Cinta, Pasangan Juga Wajib Punya Tujuan Finansial Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi mengelola keuangan. Shutterstock

Ilustrasi mengelola keuangan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu dan pasangan sudah memiliki tujuan keuangan (financial goals) untuk dicapai bersama? Menurut MultiFintamin Jago yang merupakan seorang perencana keuangan bersertifikasi, Annisa Steviani, ada 2 tujuan keuangan utama wajib untuk semua pasangan. Semakin cepat kita memulai mengambil langkah untuk mengatur keuangan dengan lebih baik, tentunya hasilnya akan lebih maksimal.

Supaya kamu bisa jago wujudkan financial goals bersama pasangan, intip dulu tips dari Annisa Steviani,

Yang pertama adalah memiliki dana darurat. Yang kedua adalah memiliki dana pensiun. “Hidup itu kan nggak selalu berjalan mulus, kadang ada-ada saja kejadian di luar dugaan yang butuh penanganan segera dan biayanya nggak sedikit. Usahakan untuk punya dana darurat seenggaknya 3 kali gaji,” kata Annisa dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 14 Februari 2022.

Sementara untuk dana pensiun, Annisa menyarankan untuk dimulai sesegera mungkin, baiknya sejak mulai awal bekerja agar waktu yang dimiliki masih panjang karena nominal yang perlu dikumpulkan itu tidak sedikit.

“Kalau menunggu misal usia 40, uangnya belum tentu cukup saat tiba waktunya pensiun, apalagi jika setelah pensiun ada tujuan yang ingin diwujudkan, misalnya memiliki peternakan, punya bisnis, atau memiliki rumah kontrakan sebagai pendapatan pasif untuk menghidupi kita saat pensiun nanti,” lanjut Annisa.

Setelah dana pensiun, prioritas financial goal berikutnya yang bisa diwujudkan adalah dana pendidikan anak. "Opsi sekolah itu banyak ya, SD sampai SMA ada opsi gratis karena ditanggung pemerintah, dan memang sampai yang mahal sekali pun ada, jadi untuk dana sekolah, bisa disesuaikan dengan kemampuan. Tapi bukan berarti tidak bisa jalan bersamaan ya, uang yang ada bisa dibagi untuk mengumpulkan secara bersamaan dana pensiun dan dana pendidikan," ujar Annisa.

Untuk kolaborasi keuangan, Annisa menggunakan Kantong Bersama Jago. Kantong Bersama dimanfaatkan Annisa untuk menabung bersama suami dan anggota keluarga lain untuk berbagai tujuan. Selain dana darurat dan dana pensiun, Annisa juga menggunakan Kantong Bersama untuk menabung dana kesehatan serta juga dana liburan.

Telah merasakan kemudahan dan kepraktisan mengatur keuangan bersama, Annisa menyarankan pasangan untuk juga memulai langkah mewujudkan financial goals dengan menggunakan Kantong Bersama. Baik untuk menabung maupun membayar sesuatu, Kantong Bersama bisa digunakan sesuai kebutuhan. Kantong Bersama yang digunakan untuk menabung bisa dipasang target. Pasangan juga dapat memantau kemajuan menabung setiap saat.

Baca: Segera Akhiri Hubungan dengan Pasangan Bila Alami 3 Hal Ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."