Kiat Atasi Rasa Gugup di Kencan Pertama, Menurut Pakar Hubungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Diliputi rasa gugup saat kencan pertama adalah hal yang wajar, apalagi jika perkenalan awalnya melalui aplikasi kencan daring. Oleh karena itu, segala sesuatunya harus dipersiapkan agar dapat berjalan lancar.

Inez Kristanti, psikolog klinis dan pakar hubungan mengatakan perasaan gugup saat menghadapi kencan pertama biasanya timbul karena seseorang memiliki ekspektasi.

"Karena kita suka nonton film atau apa, jadi kita membayangkan kencan pertama harus berkesan banget, dikasih bunga dan lainnya, ini yang menjadi kayak tekanan buat kita untuk first date," ujar Inez dalam webinar Tinder "Connect and Let Sparks Fly on the First Date" pada Jumat, 11 Februari 2022.

Inez menjelaskan yang perlu diperhatikan saat kencan pertama adalah membuat perasaan nyaman terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

Kencan pertama adalah permulaan untuk saling mengenal, sehingga tidak perlu berekspektasi terlalu jauh dan memikirkan segala sesuatu yang belum terjadi.

Menurut Inez, seseorang biasanya sudah membayangkan berbagai hal terhadap pasangan kencannya dan cenderung ingin memberikan sesuatu yang berkesan. Hal inilah yang pada akhirnya membuat banyak pikiran dan menambah tekanan atau perasaan gugup.

"Kita pasti kepikiran dia sukanya apa, kalau takutnya dia enggak suka pilihan kita atau terlalu mewah atau kemurahan, dia suka sama kita apa enggak. Itu wajar," kata Inez.

"Kadang kita lupa kalau kencan pertama itu bukan membuat terkesan, tapi kita hanya menunjukkan diri kita itu yang seperti apa, jangan hanya fokus pada apa yang dia suka," lanjutnya.

Lebih lanjut Inez mengatakan bahwa kencan pertama baiknya tidak menjadi beban bagi kedua belah pihak. Saling merasa nyaman dan menjadi diri sendiri adalah kuncinya. "Ini waktu untuk aku kenal kamu, kamu kenal aku. Kalau cocok lanjut, kalau enggak ya udah enggak apa-apa," pungkas Inez.

Baca juga: 5 Gerakan Tubuh Ini Bisa Merusak Kencan Pertama, Termasuk Bertopang Dagu

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."