Tips Perawatan Kulit bagi Hijaber, Pilih Produk Tidak Lengket dan Kaya Pelembap

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berhijab. Freepik.com

Ilustrasi wanita berhijab. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perempuan berhijab atau hijaber disarankan memakai produk perawatan kulit seperti pelembap yang tidak terlalu lengket dan formulasinya ringan. Mengapa? Sebab hijaber memakai busana berlapis dan tertutup yang bisa menciptakan kelembapan dan mudah berkeringat.

"Kalo misalkan menggunakan pelembap yang cukup lengket di kulitnya, pastinya kurang nyaman bagi hijaber," ujar dr Ika Anggraini, dermatologis, di webinar Nivea Hijab Series: Cermati Memilih Skincare Tubuh yang Tepat untuk Hijabers agar Semakin Yakin Melangkah Menyinari Dunia, Sabtu, 5 Februari 2022.

Pelembap sebaiknya diaplikasikan dua kali dalam sehari, setelah mandi pagi dan sore.  Pemilik kulit kering boleh mengoleskan pelembap lebih dari dua kali, kata dokter Ika.

Untuk deodoran, dokter Ika menyebutkan pilihlah produk yang mencerahkan sekaligus menyegarkan. Sensasi menyegarkan berperan penting karena membuat hijaber semakin nyaman memakai busana berlapis-lapis dalam waktu lama. 

"Ada efek-efek menyegarkan, jadi lebih nyaman bagi hijaber," imbuhnya.

"Pilih juga deodoran yang tidak iritatif, yang mengandung lightening agent contohnya vitamin C untuk mencerahkan," tambahnya.

konferensi pers virtual Nivea Hijab Series: Cermati Memilih Skincare Tubuh yang Tepat untuk Hijabers agar Semakin Yakin Melangkah Menyinari Dunia, pada Sabtu pagi, 5 Februari 2022. Foto: tangkapan layar webinar

Hijaber juga diimbau memilih produk berlabel halal dan 0 persen alkohol. Produk tanpa kandungan alkohol tersebut bisa mencegah iritasi akibat gesekan baju berlapis pada kulit hijaber.  

Pilih juga sabun dengan kandungan pelembap, lanjut dokter Ika. "Kadang ada tulisannya di kemasan, hypoallergenic untuk pasien-pasien yang punya kecenderungan dermatitis atopik atau pilih juga sabun yang tidak terlalu banyak busanya untuk orang yang kulitnya cenderung lebih kering," jelasnya.

Pemilihan busana yang tepat juga bagian dari merawat kulit. Hijaber disarankan memilih busana berbahan katun, hindari baju berbahan nilon atau wol yang tidak menyerap keringat. "Dan juga hindari baju ketat. Karena itu mencegah friksi, gesekan antara kulit dengan pakaian," tuturnya.

Baca juga: Rudy Hadisuwarno Bagi Tips Merawat Rambut Sehat untuk Hijaber

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."