Untuk jaga Kesehatan Usus, Berikut Daftar Sayur dan Buah Kaya Prebiotik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi asparagus. Simplyrecipes

Ilustrasi asparagus. Simplyrecipes

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan yang Anda santap memengaruhi kesehatan tubuh, termasuk usus. Sebagai salah satu organ penting dari tubuh kita, usus berperan memproses pencernaan. Jika usus kita tak memiliki sistem yang baik, maka pada akhirnya sampah makanan bisa tertumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Untuk jaga kesehatan usus, pastikan probiotik - bakteri baik - berada dalam jumlah yang seimbang. Maka dari itu, Anda disarankan mengonsumsi hidangan kaya prebiotik.

Prebiotik merupakan makanan tinggi serat yang berguna dalam merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus dan lambung. Sumber prebiotik terbaik bisa dijumpai dalam buah-buahan, sayur-sayuran hingga kacang-kacangan seperti berikut dilansir dari laman Parade, Rabu, 26 Januari 2022.

1. Asparagus

Asparagus memiliki lebih banyak serat prebiotik saat mentah. Akan tetapi, banyak orang yang kurang suka dengan asparagus mentah sehingga memakannya dengan cara direbus setengah matang bisa menjadi solusi. Anda bisa menambahkan beberapa bahan seperti wortel dan seledri ke dalam piring asparagus Anda.

2. Bawang putih dan bawang merah

Ternyata bawang putih yang seringkali dijadikan sebagai bumbu dapur ini memiliki nilai serat prebiotik tertinggi saat dimakan mentah. Selain bawang putih, bawang merah juga kaya akan prebiotik dan seringkali bersanding dengan bawang putih.

3. Daun bawang

Selain bawang putih dan bawang merah, daun bawang juga dikemas dengan berbagai nutrisi bermanfaat, termasuk prebiotik. Anda bisa menambahkan daun bawang, bersama dengan bawang putih dan bawang merah ke dalam masakan Anda seperti telur, sayuran, ayam, atau masakan lainnya.

4. Apel

Apel memiliki serat prebiotik dalam bentuk pektin. Serat ini tidak hanya dapat meningkatkan bakteri sehat, tetapi juga membantu mengurangi bakteri jahat di usus. Karena serat ini ada di kulit apel, pastikan untuk tidak membuangnya.

5. Semangka

Buah yang kaya akan air ini juga kaya akan prebiotik. Semangka juga menawarkan berbagai nutrisi lain, dan juga rendah kalori dan lemak.

6. Jeruk Bali

Jeruk Bali yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia ini merupakan sumber prebiotik dan nutrisi lainnya. Tidak hanya itu, jenis buah sitrus terbesar ini juga disebut dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan tinggi serat.

Jadi, variasikan buah atau sayuran di atas ke dalam menu harian Anda demi jaga kesehatan usus. 

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Usus, Perbanyak Makan Serat dan Kurangi Gula 

BISNIS | LAURENSIA FAYOLA 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."