Ketahui Manfaat Prebiotik, Mengencangkan dan Hidrasi Kulit Wajah

Membersihkan wajah setiap hari bisa jadi cara menghilangkan jerawat. (Canva)

kecantikan

Ketahui Manfaat Prebiotik, Mengencangkan dan Hidrasi Kulit Wajah

Kamis, 6 Januari 2022 14:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda pasti sudah merasakan banyak pembicaraan tentang perawatan kulit prebiotik. Sebagian besar dari Anda pasti baru saja membacanya sebagai 'probiotik' - sebenarnya itu bukan salah Anda. Banyak yang bingung di antara keduanya. Meskipun serupa; sebenarnya tidak sama. Ada sedikit perbedaan.

Mereka adalah jenis bakteri baik yang mengisi mikrobioma yang menghuni kulit wajah Anda. Sebabnya, sama seperti ekosistem alami kita, kulit kita juga memiliki ekosistemnya sendiri. Jutaan bakteri, baik dan buruk; hidup di mikroflora ini. Kulit, sebagai penghalang pertahanan, harus tetap kuat, dan tetap waspada untuk mengusir bakteri jahat yang menyebabkan masalah.

Anita Golani, Pendiri iORA dan Aromatherapist mengatakan fungsi kandungan prebiotik ialah meningkatkan dan merangsang pertumbuhan bakteri sehat untuk memperkuat penghalang kulit. Dengan demikian, bakteri baik menjadi lebih kuat untuk melawan unsur-unsur beracun dan polutan lingkungan.

Prebiotik umumnya ditemukan dalam berbagai makanan dan suplemen makanan. Seperti, pisang, bawang putih, bawang merah, gandum, apel, biji rami, dan kedelai. 

Perawatan kulit berminyak harus dilakukan secara tepat dan efektif. (Pexels/KoolShooters)

Memasukkan prebiotik ramah kulit yang mendukung mikrobioma Anda sangat penting. Kulit Anda akan berterima kasih nanti dengan bersinar secara alami jika Anda melibatkan prebiotik dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Berikut adalah beberapa alasan bagaimana prebiotik dapat bekerja secara positif untuk kulit Anda:

1. Memperkuat penghalang kulit 

Perawatan kulit prebiotik meningkatkan fungsi penghalang kulit Anda dan membuatnya lebih kuat untuk bertahan melawan polutan beracun yang ada di luar. Ini melindungi garis pertahanan pertama Anda yang sangat penting.

2. Prebiotik memberi makan bakteri sehat yang tinggal di kulit Anda 

3. Makanan fermentasi dan prebiotik bertindak sebagai makanan super untuk mikrobioma.

4. Mempercepat pengelupasan alami

Asupan prebiotik secara teratur dapat mempercepat pelepasan sel kulit mati dari permukaan kulit.

5. Memperbaiki tekstur kulit Anda

Ini meminimalkan munculnya pori-pori dan mengencangkan kulit Anda dengan meningkatkan produksi kolagen di kulit Anda. Kulit Anda terasa kenyal, lembut, dan sehat untuk disentuh.

6. Perawatan jangka panjang 

Anda harus mulai merawat kulit Anda sejak dini agar tidak menyesal di kemudian hari. Prebiotik sangat bagus untuk ini. Plus, karena mereka bekerja untuk memperbaiki kulit Anda dari dalam, efeknya jangka panjang. Ia bekerja untuk menyeimbangkan mikroflora kulit Anda.

7. Mengontrol minyak berlebih, kekeringan, dan berjerawat 

8. Prebiotik aktif mencegah produksi minyak berlebih di wajah Anda.

9. Fungsi prebiotik juga mengunci kelembapan atau hidrasi kulit yang cukup di kulit Anda sehingga tetap terhidrasi dan terlihat segar.

Baca: Rahasia Kulit Wajah Sehat Demi Moore di Usia 59, Ikuti Pesan Ibundanya

TIMES OF INDIA