Insecure Lihat Kakak Sulungnya, Ria Ricis Ungkap Alasannya

Oki Setiana Dewi bersama adik bungsunya, Ria Ricis. Foto: Instagram/@okisetianadewi

ragam

Insecure Lihat Kakak Sulungnya, Ria Ricis Ungkap Alasannya

Rabu, 26 Januari 2022 20:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kreator konten, Ria Ricis mengaku ada rasa tidak aman atau insecure melihat kakak tertuanya, Oki Setiana Dewi. Di matanya, Oki adalah contoh anak yang sempurna, sementara dirinya belum bisa seperti dirinya.

"Karena kadang aku suka insecure, aduh aku gak sesempurna mbak Oki. Aku harus ngelakuin apa," ujarnya dikutip dari vlog yang diunggah di kanal Youtube-nya, Ricis Official, Rabu malam, 26 Januari 2022.

Padahal, lanjut Ricis, ibunda, Yunifah Lismawati, dan kedua kakaknya, Oki dan Shindy Putri, menerima dan menyayangi ia apa adanya. Dirinya sendiri yang membuat standar sempurna adalah Oki Setiana Dewi.

"Cuma aku sebagai anak, tetep aja, wah mbak Oki begini-begini, jadi insecure," sambung perempuan 26 tahun ini.

Selama pengakuan itu, Ricis tak menjabarkan seperti apa sempurna sebagai anak yang dimiliki kakaknya. Meski begitu, Ricis tak larut dalam insecure. Ia terus berusaha memperbaiki diri dan menjadi yang terbaik versinya. Sebab ia meyakini setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Tapi insecure itu yang bikin aku trus belajar gitu untuk bisa memperbaiki diri, lebih baik lagi, lebih baik lagi," tutur istri Teuku Ryan ini.

Menyinggung soal insecure merupakan rasa khawatir atau cemas, tidak mampu, dan kurang percaya diri yang membuat seseorang merasa tidak aman. Biasanya disebabkan penolakan atau kegagalan, pernah dirundung, mendapatkan penilaian yang buruk dari orang lain, keinginan untuk selalu sempurna (perfeksionis), hingga pernah mengalami trauma.

Tak masalah jika sesekali Anda merasa insecure karena rasa itu dapat memicu keinginan Anda untuk meningkatkan kemampuan yang ingin dimiliki. Namun jika insecure terus menghampiri keseharian Anda, berikut kiat mengatasi insecure menurut dokter Santi Yuliani, consultation liaison psychiatrist, yang dibagikan di Instagramnya pada Oktober 2021 silam.

1. Berlatih menerima diri bahwa kita tidak sempurna

Manusia tentunya tidak bisa lepas dari ketidaksempurnaan. Tidak sempurna bukan berarti kita gagal, dan juga tidak berarti kita buruk. “Karena memang ketidaksempurnaan adalah bagian dari menjadi manusia,” dokter Santi mengingatkan.

2. Kita tidak wajib untuk selalu positif

Kita tidak harus selalu positif atau bahagia dalam kehidupan kita. Emosi dasar manusia bermacam-macam mulai dari sedih, kecewa, takut, marah, jijik dan bahagia, semua adalah bagian yang kita miliki.

Kita tidak bisa hanya memiliki ‘bahagia’ saja tanpa memiliki emosi yang lain,” katanya.

3. Berlatih untuk tidak membandingkan

Dokter Santi mengajak semua orang untuk mulai berlatih berkompetisi dengan diri sendiri, bukan dengan orang lain. “Buat target untuk menjadi lebih baik dibandingkan dengan diri Anda yang kemarin,” sarannya.  Anda ingin menjadi versi yang lebih baik dari diri Anda, bukan ingin menjadi seperti orang lain.

4. Fokus pada apa yang kita mampu dan bisa

Meningkatkan apa yang sudah kita kuasai akan lebih mudah dan memerlukan tenaga yang lebih sedikit, dibandingkan memaksakan diri untuk berubah menjadi seperti orang lain.

5. Berlakulah adil pada diri sendiri

Membandingkan kekurangan Anda dengan kelebihan orang lain adalah perbuatan yang tidak adil. Saat melihat kelebihan orang lain, mulailah belajar untuk juga melihat kelebihan yang Anda miliki. Sayangi dirimu lebih baik salah satu kunci atasi insecure.

Baca juga: Ria Ricis dan Teuku Ryan Bikin Perjanjian Pranikah, Gandengan Tangan di Depan Publik

 YOUTUBE | BISNIS