Pernah Insecure pada Tubuh Sendiri, Kini Marshanda Ucap Terima Kasih

Marshanda memutuskan berhijrah dan berhijab setelah menikah dengan Ben Kasyafani. Namun, penampilannya berubah setelah mereka bercerai. Wanita yang akrab disapa Chacha itu memutuskan melepaskan hijab setelah resmi menjanda. instagram.com/marshanda99

ragam

Pernah Insecure pada Tubuh Sendiri, Kini Marshanda Ucap Terima Kasih

Selasa, 27 Juli 2021 13:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Belakangan, kampanye tentang body shaming gencar disampaikan melalui media sosial. Sejumlah selebiritis tanah air pun turut memeriahkan. Sebelumnya ada Tasya Kamila, Prilly Latuconsina, dan Tara Basro, lalu menyusul aktris Marshanda yang tengah terlibat dalam kampanye "My Body is Perfect and i love it" yang ia inisiasi sendiri.

Melalui unggahan videonya di laman instagram Marshanda, Selasa 27 Juli 2021, Marshanda mengatakan alasan ia berkampanye ialah ingin melawan insecure pada dirinya sendiri. Hal itu semakin dirasakan oleh bintang sinetron Kisah Kasih di Hari Minggu ini saat ia memutuskan stop menggunakan obat penahan nafsu makan dan jadi selangkah lebih maju untuk menjalankan hidup lebih sehat.

"Gue rasa setelah kita bisa praktekin ke diri sendiri ide-ide yang kita tuturkan ke orang lain, baru orang lain akan merasakan the TRUTH of that message in us. Barulah banyak orang terinspirasi dan terciptalah REAL IMPACT. Bukan dari omongan saja, tapi dari contoh aksi nyata," ungkap Marshanda yang akrab disapa Caca.

Sejauh ini, Caca berusaha menerima dan merasa nyaman serta percaya sama diri sendiri. Tapi ketika ia melihat videonya lalu membandingkan bentuk badan dia dengan tubuh perempuan lain, di situlah ia merasa tidak nyaman dan kembali muncul rasa insecure. "Apalagi kalau masih ada yang bilang: "jangan post ini ca kamu gendut banget disitu, ga bagus" sama orang dalam lingkungan terdekat," tulisnya.

Caca berharap semoga budaya dalam masyarakat mulai lebih lagi membuka mata hati untuk mendukung perempuan dengan tubuh mereka. "Karena yang harus kita pentingkan adalah apakah seseorang ini melakukan hal-hal yang membuat tubuhnya sehat dan bukan bikin dirinya sakit. Bukannya soal how big or small her body size is," ucapnya.

Selain mulai merasa nyaman dengan tubuhnya sendiri, kini Caca juga berterima kasih untuk diri sendiri karena telah menerima diri seutuhnya. Caca mengucapkan terima kasih karena ia berhenti menilai dengan kata-kata dan buah pikir yang dulu sering membuat sesak dalam hati. Terima kasih buat komitmen yang betul-betul ia jalankan untuk menghargai dan bahkan “celebrating” setiap bagian dari diri.

"Aku merasa dilihat, diakui, aku merasa dianggap, dan dihormati dan dijaga oleh kamu. It means more than the world to me, Ca. You’re my angel, you’re my hero. Stay this way," tulisnya.

Caca juga menuliskan surat kecil dari Caca kecil di dalam dirinya sendiri. "Semoga kamu baca dan dengar jeritanku yang nggak bersuara ini untuk kamu. Aku mau kamu survive, terus bercahaya. Untuk aku. Aku butuh kamu," lanjutnya.

Tak lupa ia juga mengucapkan semangat atas setiap masalah seberat apapun itu. Aku percaya di ujung setiap jurang pasti kamu akan jadi si pemenang. Seperti yang kamu sudah tunjukkan pada aku selama ini. Aku butuh kamu. Umur panjang yah, Ca. Jangan nyerah sama penderitaan2 kamu," pungkasnya. 

Bagaimana, Anda juga ingin mengucapkan terima kasih pada diri sendiri seperti Caca?

Baca:Marshanda Lebih Suka Perawatan Wajah di Rumah Pakai Racikan Alami