Kaleidoskop 2021: Rumah Mode Rilis Koleksi Teranyar lewat Video Game dan Film

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ted Baker menunjukkan pratinjau koleksi musim gugur 2021 dalam game Animal Crossing: New Horizons yang disebut

Ted Baker menunjukkan pratinjau koleksi musim gugur 2021 dalam game Animal Crossing: New Horizons yang disebut "Ted Baker Island". Foto: tangkapan layar Instagram/@tedbaker

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kaleidoskop 2021 kali ini menampilkan kreasi beberapa pelaku mode atau fashion beradaptasi di masa pandemi Covid-19. Sejak tahun lalu, demi mencegah kerumunan, sejumlah rumah mode berkreasi dalam merilis koleksi teranyar tanpa fashion show atau pratinjau tatap muka. 

Selain gelar peragaan busana secara virtual dengan model-model yang berjalan di runway tanpa penonton, rumah mode lainnya menggunakan cara berbeda. Contohnya, Dior membuat miniatur busana dengan detail yang sama persis dengan koleksi asli, Loewe mencetak kertas dinding atau wallpaper yang seukuran dengan gaya model saat phothoshoot, Marni lewat film keseharian, KidSuper dengan boneka, hingga Balenciaga lewat video game. 

Di tahun ini, meski peragaan busana sudah banyak digelar dengan tamu terbatas, beberapa rumah mode masih memanfaatkan teknologi untuk memamerkan koleksi terbarunya seperti berikut. 

1. Ted Baker - Video Game

Rumah mode asal London, Ted Baker mengikuti jejak Balenciaga dalam memperkenalkan koleksi busana terbaru menggunakan media video game. Di akhir Oktober 2021, Ted Baker menunjukkan pratinjau koleksi musim gugur 2021 dalam game Animal Crossing: New Horizons yang disebut “Ted Baker Island”.

Menurut WWD, Ted Baker berkolaborasi dengan Kara Chung, seorang seniman visual, musisi, gamer, dan salah satu pemengaruh di Instagram yang dikenal dengan akun "Animal Crossing Fashion Archive" dalam proyek tersebut.

Dengan tetap mempertahankan pesona merek, langkah tersebut juga bagian dari eksperimen format digital serta upaya merebut pangsa pasar dari milenial.

“Perusahaan mode ini memiliki semangat untuk berinovasi, jadi masuk akal bagi Ted Baker untuk mulai menjelajahi ruang permainan,” ujar chief customer officer Ted Baker, Jennifer Roebuck.

Pengunjung dapat melihat lima lingkungan virtual yang berbeda — dari taman bunga bertembok hingga pemandangan dermaga tepi pantai — yang dibuat dalam suasana malam hari, seperti pesta.

Adegan-adegan tersebut terinspirasi dari setting di Ted Baker's Street Party Sessions, seri musik digital pertama yang imersif yang diluncurkan oleh merek tersebut pada September silam.

Pemain dapat memilih pakaian untuk acara tersebut, memilih dari 20 versi digital pakaian dari garis musim gugur untuk melengkapi avatar mereka, termasuk gaun pesta, kemeja bermotif, topi bucket, dan banyak lagi.

Para pemain juga dapat melihat peluang foto dalam game dan elemen interaktif lainnya, seperti kode QR.

Animal Crossing telah menjadi judul Nintendo yang populer sejak dirilis pada tahun 2001, melahirkan versi yang berbeda, termasuk New Horizons. Permainan ini kian diminati selama pandemi di antara para pemain yang mencari pengalihan atau koneksi sosial selama karantina wilayah.

Bagi Ted Baker, kolaborasi ini menciptakan sajian baru untuk fashion. “Bermitra dengan suara-suara kredibel dalam komunitas Animal Crossing memberi kami kesempatan autentik untuk menciptakan cara baru bagi pelanggan kami menikmati konten mode,” tutup Roebuck.

2. Balenciaga - The Simpsons jadi model peragaan busana

Balenciaga adalah salah satu rumah mode yang menjadikan pandemi sebagai salah satu cara untuk keluar dari arus utama, dan mendobrak pakem-pakem di industri mode.

Tahun lalu menjadi pelopor peragaan busana via video game, tahun ini lebih spektakuler. Apa itu? Rumah mode asal Prancis ini menggandeng The Simpsons sebagai model fashion show. Direktur kreatif Balenciaga, Demna Gvasalia memboyong seluruh penghuni kota Springfield itu untuk tampil di Paris Fashion Week Spring Summer 2022, memeragakan koleksi terbaru untuk Balenciaga.

Dazeddigital dan Hypebeast melaporkan bahwa Gvasalia telah merahasiakan rencana pemutaran film kartun yang kemudian ditampilkan di Teater du Chatelet Paris pada Oktober silam. Para tamu termasuk Cardi B, Elliot Page hingga Naomi Campbell hadir di teater tanpa tahu apa yang bakal mereka saksikan saat itu.

Lampu diredupkan, alunan lagu tema "The Simpsons" terdengar kemudian film kartun kultus berdurasi 10 menit itu diputar.

Balenciaga menjadikan tokoh dalam kartun "The Simpsons" sebagai model di Paris Fashion Week Spring Summer 2022 (Insatgram/@wintoruworld)

Cerita dimulai ketika Homer Simpsons berencana membuat kejutan untuk ulang tahun Marge. Homer pun menghadiahi Marge gaun hijau Balenciaga seharga 19.000 Euro padahal dia tidak mampu membelinya.

Singkat cerita, kisah menyedihkan Homer dan Marge yang kurang bergaya itu menyentuh hati Gvasalia, sehingga memilih para penghuni Springfield untuk tampil di Paris Fashion Week. Selain keluarga Simpsons, hadir pula Chief Wiggum, Smithers, I Patty hingga Selma.

Koleksi yang dipamerkan dalam film adalah Balenciaga classiques, termasuk XXL puffers, pumped-up tailoring, gaun dan mantel berbahu besar, jeans denim dan gaun bermotif Clip-Art. Dalam kartun tersebut, ikon fashion Anna Wintour turut menjadi cameo.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: Mulai Lip Stain Hingga Riasan Mata jadi Tren Makeup

ECKA PRAMITA | WWD | VOGUE | HARPER'S BAZAAR | LUXIDERS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."