Yang Perlu Dilakukan sebelum Vaksin Booster Covid-19

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Botol kecil berlabel stiker

Botol kecil berlabel stiker "Vaccine COVID-19" dan jarum suntik medis dalam foto ilustrasi yang diambil pada 10 April 2020. [REUTERS / Dado Ruvi]

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Program vaksin booster Covid-19 sudah mulai dilaksanakan sejak minggu kedua Januari 2022 di beberapa tempat di Indonesia, dengan memprioritaskan orang lanjut usia dan pasien imunokompromais. Meskipun demikian masih banyak masyarakat yang masih bingung mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RA Adaninggar mengatakan sebelum divaksin booster, hal paling penting yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan fisik dan mental untuk menghadapi tindakan vaksinasi. Apa saja itu?

Berikut sejumlah persiapan sebelum vaksin booster yang perlu Anda ketahui

1. Apakah perlu check up dulu ke dokter?

Dokter yang akrab disapa Ning ini menjelaskan, bila Anda memiliki penyakit komorbid sebelumnya, kontrol dan konsultasi ke dokter untuk mengetahui kondisi komorbidnya apakah dalam kondisi stabil/terkontrol/remisi dan layak divaksin.  

“Apabila ada riwayat alergi terhadap vaksin tertentu sebelumnya, konsultasikan ke dokter sebelum vaksinasi booster terkait jenis vaksin yang diberikan,” kata dr Ning, mengutip laman Instagramnya, Senin (17/1/2021).  

Namun, jika kondisi Anda sedang tidak fit atau tidak sehat, dr Ning menyarankan untuk menunda vaksinasi.

“Boleh periksa atau konsultasi ke dokter dulu untuk memastikan kondisi,” imbaunya.

2. Apakah perlu periksa swab PCR/Antigen/Antibodi dulu?

“Jika tidak ada gejala yang mengarah ke Covid atau tidak sedang berstatus kontak erat, tidak perlu periksa swab PCR/antigen Covid sebelum divaksin,” saran dr Ning.  

Dia menuturkan, kadar antibodi berapa pun tidak masalah bila diberikan vaksin booster, karena vaksin booster bertujuan melatih ulang tubuh agar kekebalan yang terbentuk lebih kuat dan lebih tahan lama. Jadi, tidak perlu pemeriksaan antibodi sebelum booster.

3. Apakah ada pantangan makanan atau tindakan khusus yang perlu dilakukan sebelum vaksin booster?

Tidak ada pantangan makanan khusus sebelum divaksin. Akan tetapi, beberapa ahli menyarankan untuk menghindari minum kopi sebelum vaksin, agar tekanan darah tidak naik saat akan divaksin.

Bagi Anda yang cenderung memiliki kecemasan atau ketakutan berlebih terhadap jarum suntik atau vaksin, ada baiknya untuk berkonsultasi ke psikiater untuk mempersiapkan mental Anda.

Yang terakhir, ia mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan baik sebelum dan sesudah vaksin booster. 

#memakaimasker #mencucitangan #jagajarak #cegahkerumunan #mengurangimobilitas #vaksin

Baca juga: Amankah Suntik Vaksin Booster Beda dari 2 Dosis Pertama? Ini Kata Studi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."