Tips Parenting ala Alice Norin: Banyak Ngobrol Heart to Heart sama Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Alice Norin bersama kedua putrinya, Alita Naora Lawi  dan Alana Naira Lawi. Foto: Instagram/@alicenorin

Alice Norin bersama kedua putrinya, Alita Naora Lawi dan Alana Naira Lawi. Foto: Instagram/@alicenorin

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua punya gaya pengasuhan masing-masing dalam merawat dan membesarkan buah hati. Begitu pula dengan Alice Norin dan suami, Alvin Yudhapatria, yang dikaruniai dua anak perempuan. Pasangan yang menikah hampir 11 tahun itu sepakat untuk banyak waktu berbincang dengan Alita dan Alana.

"Kita harus bener-bener banyak waktu heart to heart ngobrol sama mereka. Aku seringnya kalau malam, misalhnya mau tidur. Itu penting banget bagi kami," ungkapnya dikutip dari vlog yang diunggah di kanal Youtube Ciky Citra Rezky, Jumat, 7 Januari 2022.

Menurut Alice, berkat sering berbincang bersama, putri sulungnya semakin nyaman dan terbuka berbagi apa pun kepadanya. "Kayak Alita nih, nanti dia cerita, dia tuh open. Dari situ aja, oke gue (merasakan) Alita cerita which is udah bagus nih," lanjut perempuan 34 tahun ini.

Dengan kenyamanan dan keterbukaan itu, lanjut Alice, ia dan suami ingin menjadi orang tua sekaligus teman untuk putri-putrinya.

Selain itu, ia dan suami berusaha tak banyak melarang anak-anaknya melakukan aktivitas secara mandiri ataupun yang sedikit berisiko. Mereka lebih mengambil peran mengingatkan sambil mengawasi. Langkah itu diambil setelah mereka berkaca dari pengalaman mengasuh Alita.

"Jadinya, dia (Alita) tuh banyak takut. Jadinya, ngebangun mentalnya banyak takut. Sementara Alana jalan pengen nyebur aja di kolam, pengen apa. Alita aja sampe sekarang masih takut lompat (ke kolam renang) dari berdiri trus nyebur," tukasnya.

"Jadi, emang di sisi lain, kita emang gak boleh 'jangan-jangan hati-hati' ternyata itu gak boleh gitu. Kita harus kayak 'pelan-pelan aja kalau mau'. Kita harus tetep cool dan tenang. Jadi, ternyata kadang mereka lebih kaget dan kena mentalnya saat kita kaget," imbuhnya.

Alice juga mengungkapkan kuncinya dalam membesarkan anak adalah tidak membanding-bandingkan anaknya dengan anak lain, termasuk dengan saudaranya sendiri. Sebab itu bisa memengaruhi tingkat kepercayaan dirinya di masa depan, jelas Alice. "Dia rasa kayak gue kurang apa nanti," ucapnya.

Di era digital yang terus berkembang pesat, Alice Norin pun tak menampik mengambil beberapa kiat parenting dari para ibu yang bercerita di media sosial.

Alice Norin dan Alvin Yudhapatria menikah pada 17 Juli 2011 di Bandung, Jawa Barat. Setelah lima tahun pernikahan, pasangan ini dikaruniai Alita Naora Lawi pada 24 Januari 2017. Anak kedua lahir pada 9 September 2020 dan diberi nama Alana Naira Lawi. Sebelum menikah dengan Alvin, Alice berumah tangga dengan DJ Riri selama dua tahun dan tak memiliki anak.

Baca juga: Cerita Alice Norin di Persalinan Kedua, Masuk ICU hingga Risiko Angkat Rahim

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."