Ternyata Minum Air Lemon Setiap Hari dapat Berefek pada Kesehatan

Ilustrasi air lemon. Unsplash.com/Fransesca Hotchin

kesehatan

Ternyata Minum Air Lemon Setiap Hari dapat Berefek pada Kesehatan

Kamis, 6 Januari 2022 05:05 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Bukan rahasia lagi, campuran lemon dengan air hangat dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, Anda perlu waspada karena ini 4 bahaya minum air lemon atau lemon infused water tiap hari untuk tubuh. Banyak orang meminum air lemon hangat saat perut kosong setiap pagi sebagai salah satu ritual diet.

Jika Anda sudah menerapkan kebiasaan ini, maka Anda harus berhenti sekarang juga. Apa alasannya? Konsumsi air lemon memang mampu memaksimalkan pencernaan dan memberi asupan vitamin C ke dalam tubuh. Namun, meminum air lemon setiap hari ternyata bisa membahayakan kesehatan. Karena itu, penting bagi Anda untuk meminumnya dalam jumlah sedang dan tidak terlalu sering.

Jangan cuma pikirkan diet, ini 4 bahaya jika Anda minum air lemon setiap hari seperti dikutip dari PinkVilla, Rabu, 5 Januari 2021.

1. Dapat menyebabkan kerusakan gigi

Minum air lemon setiap hari dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan terluar gigi dan juga menyebabkan kerusakan gigi secara keseluruhan. Alasannya, yakni kandungan asam yang ada dalam jus lemon tidak baik untuk lapisan gigi Anda.

2. Dapat menyebabkan mual dan mulas

Minum terlalu banyak air lemon dapat menyebabkan perut terasa mual dan mulas. Lagi-lagi, karena adanya asam dalam lemon yang berlebihan dapat berefek buruk pada lambung.

3. Dapat membuat sakit perut

Air lemon, jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi dan teratur, mungkin akan berdampak negatif ke perut Anda. Ini mungkin membuat Anda sakit perut dan bahkan dapat memperburuk komplikasi gastro (GERD) jika Anda memilikinya.

4. Dapat menyebabkan sering buang air kecil

Beberapa orang mungkin melaporkan dehidrasi dan sering buang air kecil sebagai kemungkinan efek samping dari minum terlalu banyak air lemon. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa jus lemon memiliki kadar asam askorbat atau vitamin C yang bersifat diuretik. Kandungan ini mendorong produksi urin di ginjal.

Oleh karena itu, air lemon membantu tubuh membuang kelebihan garam dan cairan lebih cepat. Jika meminumnya terlalu sering, air lemon dapat membuat Anda memiliki keinginan untuk mengunjungi kamar kecil lebih sering dari sebelumnya.

Baca: Benarkah Minum Kopi dan Air Lemon Bikin Langsing? Simak 4 Faktanya