Sempat Alami Flek dan Kontraksi, Lesti Kejora Melahirkan Secara Cito Caesar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Lesti Kejora dikabarkan telah melahirkan secara cito caesar/Foto: Instagram/Rizky Billar

Lesti Kejora dikabarkan telah melahirkan secara cito caesar/Foto: Instagram/Rizky Billar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dikabarkan jika kondisi kehamilan Lesti Kejora sejak beberapa hari lalu mengalami masalah. Istri Rizky Billar ini kerap mengalami kontraksi yang intensif padahal usia kehamilannya masih 34 minggu atau trimester ketiga. 

Selain itu, melalui unggahan video YouTube mereka Leslar Entertainment, Lesti yang didamping suaminya dan tim medis juga mengatakan jika ia mengalami flek terus-menerus. Hal tersebut membuat dokter kandungan yang menanganinya meminta agar Lesti dirawat di rumah sakit untuk tindakan observasi.

"Karena kelelahan banyak kegiatan, pengennya banyak gerak. Malamnya terasa sakit perut berasa kontraksi, paginya keluar flek. Lalu konsultasi ke dokter untuk periksa di ruang bersalin, khususnya CTG. Kontraksi yang dirasakan mulai sering dan kencang, lalu observasi dulu tiga hari. Sebelumnya sempat ketemu Teh Ocha dulu soalnya udah janji," ujar Lesti, Minggu 26 Desember 2021. 

Tampaknya dari pemeriksaan, dokter memutuskan Lesty harus menjalani operasi caesar dadakan (cito). Hal ini demi kesehatan calon bayi dan Lesti. Akhirnya pada 26 Desember 2021 malam, Lesti pun dijadwalkan melahirkan melalui operasi caesar.

Spesialis Kandungan dan Kebidanan Dokter Puspa, salah satu tim dokter yang menangani Lesti, dalam video tersebut mengatakan jika Lesti harus menjalani pemeriksaan CTG dan observasi sebelum operasi caesar. 

Cardiotocography adalah alat yang digunakan untuk mengetahui detak jantung janin di dalam kandungan. Tes kesehatan ini dilakukan pada usia kehamilan trimester ketiga.

"Sesuai instruksi dari tim dokter, maka malam 26 Desember ini dilakukan tindakan operasi caesar secara mendadak atau CITO caesar. Dalam bahasa medis, CITO merupakan istilah untuk tindakan yang harus segera dilakukan karena dalam keadaan mendesak, gawat atau di luar rencana," ujarnya.

Pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar saat ini sedang berlibur babymoon di Turki/Foto: Instagram/Rizky Billar

Dikutip dari laman Repository Unimus, bedah sesar atau caesar dibagi berdasarkan indikasinya. Terdapat dua golongan, yaitu bedah caesar cito/tidak terencana dan bedah caesar elektif atau terencana.

Bedah caesar tidak terencana (cito) merupakan suatu tindakan bedah sesar yang tidak diprediksikan sebelumnya dan biasanya bersifat darurat. Berikut beberapa contoh keadaan yang memerlukan bedah caesar segera/cito:

- Partus lama atau partus tak maju (keluarnya bayi lambat atau berhenti sama sekali)

- Ancaman gawat janin (bayi menunjukkan tanda-tanda bahaya seperti detak jantung yang sangat cepat atau lambat)

- Masalah dengan plasenta atau tali pusat menempatkan bayi pada risiko, makrosomia (bayi terlalu besar di lahirkan melalui vagina), ketuban pecah dini.

Baca: Soal Hubungannya dengan Ibu Mertua, Lesti Kejora: Sama Kayak ke Mama

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."