Kaleidoskop 2021: Tren Hijab Pashmina dan Bergo Kembali Hits dan Digemari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Salah satu tren hijab yang hits di tahun 2021 adalah pashmina dengan beragam jenis, salah satunya plisket/Foto: Instagram/Hamidah Rachmayanti

Salah satu tren hijab yang hits di tahun 2021 adalah pashmina dengan beragam jenis, salah satunya plisket/Foto: Instagram/Hamidah Rachmayanti

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti busana, tren hijab berputar musimnya, mulai dari hijab basic dan persegi panjang atau pashmina yang terdiri dari beragam bahan. Layaknya mencari bahan terbaik yang menunjang kenyamanan bergerak untuk hijabers, produsen hijab berlomba-lomba memberikan inovasi terus menerus.

Namun, rupanya beberapa tren justru kembali ke masa lalu, seperti hijab bergo yang kembali digemari atau hijab segi empat berbahan voal, pashmina berbahan ceruti yang flowy, dan plisket yang memiliki aksen garis rapat tanpa perlu disetrika.

Yuk simak kaleidoskop 2021 tren hijab yang dihimpun oleh Cantika.com dan juga digemari para figur publik, ada beberapa jenis yang ini justru hits di tahun ini.

1. Hijab Simpel

Soraya Larasati, presenter dan aktris. Instagram.com/@sorayalarast1

Salah model hijab daily yang simpel ialah segi empat aneka bahan yang mudah penggunaannya. Hampir semua hijabers bisa jadi sering mengenakannya karena praktis dan tidak perlu lama-lama di depan cermin.

Begitu pula dengan aktris sekaligus pelari Soraya Larasati yang mengatakan di tengah hits-nya pashmina belakangan ini, Soraya justru masih merasa nyaman dengan scarf segi empat karena menurutnya lebih simpel.

"Kayaknya aku liat banyak orang udah mulai tertarik pakai pashmina dengan lebih praktis karena dibuats semakin instan dan bahkan tanpa peniti." ucap perempuan kelahiran 11 Juni 1986 ini.

Aurel Hermansyah. Instagram.com/@aurelie.hermansyah

Begitu pula dengan Penyanyi Aurel Hermansyah mantap berhijab tak lama setelah pernikahannya dengan Atta Halilintar pada 3 April 2021 silam. Diawali dengan niat berhijab selama bulan suci Ramadan tahun ini. Kemudian niat itu berkembang menjadi berhijab membuatnya nyaman. Oleh karena itu, ia memutuskan memakai jilbab.

Dalam berbagai kesempatan baik formal maupun casual, Aurel kerap mengenakan hijab segi empat simpel warna basic yang diikat ke belakang.

2. Pashmina

Selain plain, model pashmina bertekstur plisket yang tanpa perlu disetrika juga banyak dipilih oleh hijabers/Foto: Instagram/Zaskia Adya Mecca

Apakah kamu termasuk pengguna pashmina di tahun-tahun belakangan ini. Yap, pashmina seperti terlahir kembali di tahun 2021, setelah sebelumnya banyak didominasi segi empat. Tidak hanya bermotif plain, tetapi juga plisket mulai merajai tren hijab di Indonesia.

Ciri khas hijab ini adalah garis lipatan sejajar pada kain hijab. Ada beberapa varian menarik dan cantik yang bisa menjadi pilihan kamu. Tidak hanya varian warna, bahan yang dipakai pun menggunakan bahan yang menjadi idola para hijabers, yaitu ceruty.

Salah satu selebritis yang mulai menyukai pashmina ialah Adelia Pasha, istri Pasha Ungu ini terlihat sering mengenakan pashmina melalui foto-foto yang diunggah di Instagramnya.

Pashmina menjadi salah satu ragam model hijab yang kembali hits di tahun 2021/Foto: Instagram/Adelia Pasha

Walau keseharian lebih banyak mengenakan hijab segi empat, tetapi Adelia senang memakai hijab pashmina karena membuatnya tampak lebih muda. "Gimana ya pakai pashmina, walau mungkin nggak sesimpel segi empat jadi terlihat bikin aku muda. Jadi aku sekarang lagi belajar pakai pashmina," ucapnya.

Bukan tanpa alasan jika Adelia ingin terlihat muda, sebab ia ingin mengimbangi gaya suaminya, Pasha yang kini tampil lebih muda. "Sekarang kan dia lagi suka bergaya pakai jacket dan sneakers, kenapa enggak aku juga ikutin gaya dia," seloroh Adelia.

Baca: Kaleidoskop 2021, Tren Skincare DNA Salmon jadi Primadona

3. Bahan Voal

Walau pashmina dan bergo moncer di tahun 2021, tetapi masih banyak hijabers yang setia dengan hijab segi empat berbahan voal/Foto: Instagram/Indah Nada Puspita

Apakah hijab berbahan voal masih diminati tahun 2021? Tentu saja, masih banyak produsen hijab dan pesohor yang setia dengan hijab voal karena mudah dibentuk dan tidak panas dikenakan seharian.

Scraf voal untuk tahun 2021 ini memang masih banyak diminati oleh hijabers, terlebih jika corak atau motif yang disematkan sifatnya personal dan sesuai gaya pemakainya.

4. Bergo

Hijab bergo masih hits di masa pandemi tahun 2021 karena lebih praktis dan simpel/Foto: Instagram/Laudya Cynthia Bella

Siapa, sih orang yang nggak suka dengan kepraktisan? Terutama dalam berhijab. Dalam berhijab ada banyak style yang bisa dicoba, tetapi untuk beberapa orang sangat sulit dan ribet. Salah satu hijab yang menawarkan kepraktisan ialah bergo, hijab model ini banyak dipilih karena nyaman untuk di rumah. Sekadar mengikuti rapat online, belanja ke luar, hingga menerima paket.

5. Monogram Pattern

Motif hijab monogram yang netral, tidak terlalu polos dan tidak ramai ini menjadi incaran para hijabers. Motif yang banyak digunakan oleh brand luar kenamaan ini, ternyata sangat serasi jika menjadi salah satu pilihan motif hijab. Selain itu hijab monogram bisa kamu pakai untuk berbagai acara santai hingga formal.

Motof monogrom yang banyak mengadopsi brand luar kenamaan, menjadi salah satu motif yang dipilih untuk model hijab/Foto: Instagram/Vivi Zubedi

Desain hijab monogram memiliki ciri khas berupa tulisan atau logo dari brand hijab tersebut. Sedangkan bahannya umumnya terbuat dari voal dengan model hijab segi empat dan bernuansa earth tone atau pastel.

Para desainer dan brand lokal hijab mulai menjadikan seri monogram sebagai salah satu signature style, sebut saja mulai dari Vivi Zubedi, Kami, Buttonscarves, Radwah, Heaven Light, Wearing Klamby, Restu Anggraini

6. Tie Dye

Sejak masa Pandemi Covid-19 tahun lalu, tren busana banyak mengalami perubahan. Salah satunya orang lebih banyak memilih busana rumahan atau homedress yang nyaman dikenakan sehari-hari. Salah satu motif yang kembali hits ialah tie dye. Apakah kamu pernah mendengar?

Motif tie dye kemudian menjadi salah satu inspirasi bagi Dian Pelangi untuk mengaplikasikan dalam bentuk hijab atau scarf. Hal itu diketahui dari laman instagramnya, Rabu 8 September 2021.

Dian Pelangi mengenakan hijab motif tie dye/Foto: Instagram/Dian Pelangi

"Pernah denger ‘Tie-dye’? Teknik ikat celup yang hype pada Tahun 70-an dan terkenal dengan motif spiral yang menjadi ciri khas gaya hippie," tulis Dian pelangi yang mengunggah foto sedang mengenakan hijab motif tie dye warna merah dengan dasar putih dari Dian Pelangi Studio, lini fashion miliknya.

Menurut ibu satu putri ini, proses menciptakan motif ini cukup mudah, yaitu dengan teknik melipat, pelintir, melipit, atau meremas kain setelah itu diikat dengan tali atau karet, dicelupkan ke pewarna dan ketika tali atau karetnya dibuka akan tercipta sebuah motif yang unik.

7. Warna pastel

Kendati pilihan warna-warna bold atau shocking mulai mendominasi, tetapi pastel tetaplah jadi pilihan banyak hijabers untuk scarf atau pashmina. Dalam dunia fashion, warna lembut ini memang sedang jadi trending di kalangan milenial. Apalagi, untuk mereka yang cenderung feminin dan anggun, warna pastel kerap menjadi pilihan outfit sehari-hari.

Walau warna shocking mulai banyak dilirik, tetapi warna pastel menempati hati banyak hijabers/Foto: Instagram/Larissa Chou

Warna pastel adalah warna yang mengarah ke warna muda dari jenis warna atau warna cerah. Sebagai contoh warna pink, ketika bercampur dengan warna putih akan menjadi pink muda. Umumnya warna pastel, terlihat lebih cerah tetapi tidak begitu kuat warnanya.

Sejumlah figur publik Larissa Chou dan Ayana Moon kerap mengenakann hijab warna pastel, sementara desainer yang kerap merilis warna pastel untuk hijab salah satunya Ria Miranda.

Baca: Kaleidoskop 2021: Ini 5 Gaun Terbaik Keluarga Kerajaan Inggris

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."