Kaleidoskop 2021: Ini 5 Gaun Terbaik Keluarga Kerajaan Inggris

Gaya karpet merah Kate Middleton bersama Pangeran William di pemutaran perdana No Time to Die /Foto: Shutterstock

mode

Kaleidoskop 2021: Ini 5 Gaun Terbaik Keluarga Kerajaan Inggris

Jumat, 24 Desember 2021 22:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti masyarakat pada umumnya, tahun kemarin keluarga kerajaan Inggris banyak berkegiatan di rumah saja akibat karantina wilayah saat pandemi, sehingga jarang muncul ke publik. Tapi di tahun 2021, mereka kembali aktif berkegiatan di ruang publik. Kemunculan mereka tentu tak bisa dilepaskan dari sederet gaya busana yang memukau, termasuk pilihan gaun.

Tak hanya soal glamor dan kemewahannya, gaun yang mereka kenakan juga jadi cara menyampaikan pesan ke masyarakat. Maka dari itu, gaun terbaik keluarga kerajaan tak boleh dilewatkan dalam kaleidoskop 2021.

Berikut lima gaun terbaik keluarga kerajaan Inggris, di antaranya Kate Middleton, Lady Kitty Spencer, dan Meghan Markle yang dihimpun Cantika dari berbagai sumber.

1. Gaun Putih Meghan Markle Sarat Makna Keberlanjutan

Pada Februari 2021, Meghan mengumumkan tengah mengandung anak kedua. Di foto hitam putih itu, ia tampak dalam balutan gaun putih tanpa lengan merek Carolina Herrera yang jauh dari kesan glamor. Gaun tersebut khusus dibuat oleh Wes Gordon, direktur kreatif Carolina Herrera yang juga kawan lama Meghan.

Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan kehamilan anak kedua mereka tepat di Hari Valentine, 14 Februari 2021. Sumber foto: Twitter/Misan Harriman

Gordon mengatakan gaun tersebut menyiratkan pesan kuat tentang keberlanjutan. "Saya membuat [gaun itu] untuknya ketika dia hamil Archie, jadi hampir dua tahun yang lalu," ujarnya kepada Telegraph.

"Dia mengenakan gaun yang tak kalah cantik dari dirinya. Gaun itu sudah berusia dua tahun…itu membuatnya merasa tak kalah istimewa atau tak kalah bahagia.”

2. Gaun Motif Teratai Meghan Markle Bermakna Kelahiran Kembali

Pada bulan Maret silam, Meghan Markle bersama Pangeran Harry, suaminya, diwawancara Oprah. Dalam wawancara itu, ia dan Harry mencurahkan kehidupan bangsawan, pernikahan, menjadi orang tua, pekerjaan filantropi hingga bagaimana mereka menangani kehidupan di bawah tekanan publik yang intens.

Di wawancara yang mengundang pro kontra itu, Meghan mengenakan gaun merek Giorgio Armani seharga USD4.700 atau sekitar Rp66 juta. Gaun panjang hitam itu terbuat dari sutra georgette tiga lapis, menampilkan garis leher V dengan sulaman bunga berwarna putih di salah satu sisi dada. 

Pangeran Inggris Harry dan Meghan, Duchess of Sussex, bersama Oprah Winfrey dalam tayangan wawancara eksklusif setelah keluar dari Kerajaan Inggris. Wawancara ini membuat hubungan Harry dan Kerajaan merenggang setelah Meghan mengaku mengalami perlakuan rasis serta merasa diabaikan. Harpo Productions/Joe Pugliese/REUTERS

Deskripsi gaun itu di situs web tertulis, “Gaun georgette sutra tiga lapis ini sensual dengan sentuhan halus. Nilai dan prestise meningkat dengan banyaknya jumlah kain yang digunakan. Gaya ini menampilkan garis leher depan yang dalam, sulaman bunga teratai, dan sabuk yang serasi."

Ternyata motif bunga teratai bermakna tanda kelahiran kembali dan ketahanan. Tak hanya motif gaun yang sarat makna, ia juga mengenakan gelang milik ibu Harry, Putri Diana.

Riasan mata tegas dengan eyeliner tebal Meghan Markle juga mengingatkan publik pada Putri Diana dalam wawancara monumental dengan Martin Bashir untuk BBC Panorama 1995. Ada dugaan, itu disengaja untuk penampilan televisi yang bersejarah bagi pasangan itu. 

3. Gaun Spekta Bergaya Victoria ala Kitty Spencer

Gaun pengantin Kitty Spencer, keponakan mendiang Putri Diana tak boleh terlewatkan dalam deretan momen fashion terbaik keluarga kerajan Inggris. Saat menikah dengan pengusaha mode miliarder, Michael Lewis pada Juli lalu, ia berganti gaun pengantin sebanyak tiga kali. Ketiga gaun spektakuler tersebut dibuat khusus oleh rumah mode Dolce & Gabbana.

Keponakan Putri Diana, Kitty Spencer dan jutawan Michael Lewis menikah pada hari Sabtu di sebuah upacara mewah di Frascati, Italia. Instagram.com/@kitty.spencer

Gaun pertama, Kitty mengenakan busana pengantin lengan panjang yang menutup dada dan bahu mengembang. Terdapat detail renda dan lace yang terinpspirasi era Victoria yang membuat penampilannya semakin memukau. Banyak yang mengatakan gaun yang dipakai mirip dengan gaun pengantin ibunya Victoria Lockwood yang dikenakan pada tahun 1989.

Penampilan selanjutnya masih mengenakan gaun pengantin yang tak kalah spekta. Kitty memilih gaun sutra dan organza warna putih dengan lengan rendah. Gaun serupa kanvas yang dilukis dengan tangan lalu dihiasi detail bunga dan kristal.

Gaun pernikahan Kitty Spencer/Instagram @Dolce&Gabbana

Pada malam resepsinya, Dolce & Gabbana membagikan foto mempelai wanita dalam balutan gaun biru cantik dengan motif bunga yang memukau, yang tentunya telah dirancang khusus untuk acara tersebut. Kitty mengenakan gaun tulle biru dan jubah yang disulam dengan bunga-bunga yang dijahit silang.

4. Anggun Menakjubkan Cape Dress Kate Middleton

Dari sederet gaun mewah berkilau yang kerap dipakai Kate Middleton selama 2021, gaun cape emas yang dikenakannya saat menghadiri premier film No Time to Die pada September silam merupakan momen fashion tak terlupakan.

Perempuan 39 tahun ini tampil seperti bintang di karpet merah saat mengenakan gaun rancangan Jenny Packham. Ibu tiga anak ini begitu anggun dan berkilau dalam balutan cape dress atau jubah warna emas yang dramatis. Terdapat aksen kerut di bagian perut yang menambah stunning penampilannya.

Kate Middleton bersama Pangeran William, Camilla, dan Pangeran Charles saat menghadiri pemutaran perdana film No Time To Die, di London, Inggris, Selasa 28 September 2021. Instagram.com/@dukeandduchessofcambridge

Sebagai aksesori, Kate mengenakan anting-anting elegan dari perusahaan yang berbasis di London, O'Nitaa, dan tatanan rambut yang rapi melengkapi tampilan Duchess dengan cape dress yang memukau. Bahkan bintang film Daniel Craig mengatakan kepadanya, "Kamu terlihat sangat cantik!"

Sementara itu, Pangeran William mengenakan tuksedo dalam jaket beludru mewah dengan kerah satin dan sandal kasmir hitam karya Arthur Sleep, sementara Camilla memilih gaun biru muda dengan lapisan manik-manik halus.

5. Gaun Merah Bold Meghan Markle

Kembali ke Meghan Markle, jelang akhir tahun tepatnya November 2021, ia tampil bold dalam balutan sleeveless dress warna merah.

Saat menghadiri acara penghormatan bagi para veteran di gala Salute to Freedom di Freedom Gala di Interpid Sea, Air & Space Museum di Manhattan, New York City, Kamis 11 November 2021, Meghan Markle memilih gaun tanpa lengan atau sleeveless dress rancangan Carolina Herrera dengan potongan di bagian kakinya. Adapun sepasang slingback heels yang serasi, beberapa gelang, dan tatanan rambut yang elegan kian melengkapi penampilan merah ikoniknya.

Pengeran Harry dan Meghan Markle, saat menghadiri Salute to Freedom Gala di Intrepid Sea, Air & Space Museum di Manhattan, New York City, 11 November 2021. Meghan Markle tampil menggunakan gaun merah tanpa lengan dari Carolina Herrera. REUTERS/Eduardo Munoz

The Duchess of Sussex tampil bersama suaminya, Duke of Sussex yang bertugas di angkatan bersenjata Inggris selama 10 tahun lamanya. Pangeran Wiliam tampak mengenakan tuksedo hitam klasik yang dihiasi dengan lencananya dan bunga poppy merah.

Di antara lima gaun terbaik keluarga kerajaan Inggris versi Cantika, mana yang paling kamu sukai?

Baca juga: Gunakan Gaun Jadul, Zendaya Tetap Curi Perhatian dengan Gaya Ala Dr Octopus

MILA NOVITA | YUNIA PRATIWI | ECKA PRAMITA | PAGE SIX | PEOPLE