Pandemi Covid-19 bagi Peggy Esther Anastasia: Ibu jadi Lebih Kreatif

Peggy Esther Anastasia Marketing Head Electrolux Indonesia. Foto: Dok. Pribadi

profil

Pandemi Covid-19 bagi Peggy Esther Anastasia: Ibu jadi Lebih Kreatif

Kamis, 23 Desember 2021 22:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang punya cara tersendiri memaknai pandemi Covid-19. Sebagai ibu pekerja, Peggy Esther Anastasia, Marketing Head Electrolux Indonesia, mengatakan pandemi membuatnya jadi lebih kreatif dalam membagi waktu sekaligus mendampingi anak-anak belajar dari rumah.

"Saat pandemi itu memberikan banyak pembelajaran buat ibu. Kenapa? Karena dari sisi kreativitas. Kita tahu selama pandemi ada pembatasan-pembatasan berkegiatan di luar rumah, jadi seorang ibu harus kreatif," katanya di talkshow "Apresiasi Perjuangan Ibu Mendampingi Anak selama Pandemi" yang disiarkan langsung di kanal Youtube Tempodotco, Kamis, 23 Desember 2021.

Selama bekerja dari rumah, Peggy tak hanya mendampingi anak-anak belajar, tapi juga terus mengasah kreativitasnya agar anak-anak betah di rumah. Ia berupaya menciptakan aktivitas seru dan menghibur untuk buah hatinya tanpa gawai. Demi kesehatan mata anaknya, ia mencegah anak-anaknya terpapar gawai selain untuk urusan sekolah.

"Mungkin yang sebelumnya bisa beraktivitas di luar rumah, tapi sekarang lebih banyak beraktivitas di rumah. Jadi, kita harus kreatif juga. Enggak mungkin juga seharian anak kita kasih gadget. Itu kan juga tidak boleh," ujarnya. 

(paling kanan) Peggy Esther Anastasia, Marketing Head Electrolux Indonesia salah satu pembicara talkshow "Apresiasi Perjuangan Ibu Mendampingi Anak selama Pandemi" yang disiarkan langsung di kanal Youtube Tempodotco, Kamis, 23 Desember 2021. Foto: tangkapan layar Youtube

Peggy pun mengatakan ibu berperan sebagai pendamping buah hati beradaptasi dengan kebiasaan baru saat pandemi, contohnya pembelajaran tatap muka menjadi belajar dari rumah, interaksi sosial lebih banyak virtual, ataupun penggunaan masker di luar rumah.

Masih dalam momen Hari Ibu, Peggy pun membagikan pandangannya tentang ibu. Di matanya, ibu adalah panutan bagi anak-anaknya. Ibu juga pejuang baginya.

"Makna ibu buat saya mendalam di mana ibu itu adalah seorang pejuang. Di mana pejuang dari keluarga, dari anaknya kecil hingga dewasa. Karena dia pejuang itulah yang sebenarnya role model untuk anak-anaknya. Pejuang dalam arti dalam kondisi apa pun di mana pun, dia selalu berjuang dan mendampingi tanpa pamrih," ungkapnya.

Baca juga: Hikmah WFH saat Pandemi, Sutji Lantyka: Jadi Punya Waktu Masak di Pagi Hari