Halle Berry: Meraih Penghargaan Tidak Menentukan Nilai dan Bakat Kita

Halle Berry mengenakan gaun rancangan Christian Siriano di Critics Choice Awards sesi perayaan Black Cinema and Television, Senin malam, 6 Desember 2021 waktu Amerika Serikat. Foto: Instagram/@halleberry

profil

Halle Berry: Meraih Penghargaan Tidak Menentukan Nilai dan Bakat Kita

Rabu, 8 Desember 2021 11:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Critics Choice Association mengadakan perayaan tahunan keempat Black Cinema & Television pada Senin malam, 6 Desember 2021 di Fairmont Century Plaza Hotel, Los Angeles, Amerika Serikat. Dipandu oleh pemenang Emmy, Niecy Nash, aktris Helly Berry salah satu nama dalam daftar peraih penghargaan.

Aktris pemenang Oscar dan Emmy, Taraji P. Henson yang mengumumkan penghargaan pencapaian karier atau career achievement untuk Halle Berry. Di atas panggung, Berry menyampaikan pidato kemenangan yang mengharukan. Ia mengenang tiga dekade lalu belum banyak acara penghargaan yang dihadiri aktris kulit hitam seperti dirinya.

“Ketika saya mulai 30 tahun yang lalu, tidak ada ruangan seperti ini di mana saya bisa pergi dan merasa diteguhkan atau dihargai,” katanya dikutip dari laman Variety, Selasa, 7 Desember 2021.

“Saya sering sendirian. Saya adalah salah satu dari sedikit orang kulit hitam di sebuah ruangan, mencari untuk menemukan nilai saya, mencari untuk menemukan nilai saya.”

Bicara soal meraih penghargaan, 20 tahun lalu Berry meraih piala Oscar untuk kategori aktris terbaik berkat perannya di film Monster's Ball (2001).  Ia menjadi satu-satunya aktris kulit hitam yang pernah memenangkan penghargaan tersebut. Meski itu pencapaian yang patut diperhitungkan, Berry menekankan penghargaan bukanlah tolok ukur nilai dan bakat seseorang.

“Saya merasa sedih karena tidak ada yang berdiri di samping saya. Saya juga ingin mengatakan, kita tidak boleh selalu ingin penghargaan. Penghargaan tidak menentukan nilai kita, bakat kita. Jadi jika tidak ada yang pernah berdiri di samping saya, itu tidak berarti bahwa kita tidak layak dan tidak melakukan pekerjaan. Itu tidak berarti bahwa Anda tidak luar biasa.

“Mari berhenti menginginkan itu (meraih penghargaan) dan bukan ukuran nilai dan kesuksesan kita. Saya berharap segera ada seseorang yang berdiri di sana, tetapi jika tidak, ketahuilah bahwa Anda berharga.”

Dalam pidatonya, sutradara film Bruised yang tayang di Netflix itu juga meneriakkan sesama penerima penghargaan seperti Hudson dan Tessa Thompson yang menginspirasi banyak gadis kulit hitam kecil.

Di acara penghargaan itu, Halle Berry mengenakan gaun merah rancangan Christian Siriano. Gaun berdetail V, obi, dan potongan rok yang mengembang itu dilengkapi ekor panjang yang menjuntai di lantai. Ia melengkapi penampilannya dengan sandal stiletto koleksi Jimmy Choo.

Baca juga: Halle Berry Ungkap Kekaguman pada Van Hunt, Bisa Menjadi Diri Sendiri Apa Adanya