Kopi dan Soda, 5 Minuman yang Harus Dihindari sebelum Tidur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Kira Auf Der Heide

Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Kira Auf Der Heide

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah akhir-akhir ini Anda kerap terbangun dari tidur? Jika iya, coba perhatikan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur. Sebab sejumlah minuman bisa memicu Anda lebih sering buang air kecil. Akhirnya, berdampak pada kualitas tidur, menunda jam tubuh Anda, hingga menyebabkan anemia.

Berikut lima contoh minuman yang sebaiknya dihindari sebelum tidur agar tidak insomnia seperti dikutip dari laman Sleep Education, Senin, 29 November 2021.

1. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu membangunkan Anda di pagi hari. Lain ceritanya, jika minum kopi di sore hari karena berdampak negatif pada tidur Anda, bahkan dapat menunda jam alami tubuh Anda.

Suatu studi menemukan bahwa mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur mengurangi total waktu tidur satu jam. Studi lain menemukan bahwa ada berbagai kandungan kafein dalam kopi spesial. Bahkan kopi tanpa kafein (decaf) ternyata tetap mengandung kafein.

2. Minuman Energi

Jumlah kafein dalam minuman ini dapat membuat Anda sulit untuk tertidur, mengurangi total waktu tidur Anda. Minuman energi dapat mengandung kafein dua sampai tiga kali lebih banyak daripada soda atau kopi.

Ilustrasi minuman bersoda (Pixabay.com)

3. Soda

Konsumsi minuman bersoda pada malam hari seperti pukulan ganda untuk tidur Anda. Soda sarat dengan kafein dan banyak gula. Kafein dapat membuat sulit untuk tertidur, dan gula dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk tetap tidur. 

Suatu studi menemukan bahwa orang yang memiliki asupan gula harian yang tinggi memiliki lebih banyak gairah dari tidur di malam hari.

4. Air

Yang paling mengejutkan, Anda tidak boleh banyak minum air mendekati waktu tidur Anda. Pada orang dewasa muda yang sehat, keluaran urin Anda lebih rendah di malam hari daripada di siang hari. Hal itu membantu mencegah Anda terbangun di malam hari untuk ke kamar mandi. Minum terlalu banyak air di malam hari dapat mengganggu keseimbangan tersebut.

Anda harus minum banyak air di siang hari untuk mencegah dehidrasi. Kemudian, kurangi minum air di malam hari untuk menghindari perjalanan ke kamar mandi pada tengah malam.

5. Alkohol

Bukan rahasia lagi bahwa alkohol membuat Anda merasa mengantuk setelah beberapa kali minum. Meskipun Anda mungkin berpikir alkohol membantu Anda tidur, ada efek negatif setelah minum di malam hari. Efek yang paling jelas adalah alkohol meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari. Hal itu dapat mengganggu pola tidur Anda.

Penggunaan alkohol juga dapat memecah tidur Anda dan mengurangi tidur rapid eye movement (REM). Minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan gejala insomnia. Ini juga dapat memperburuk keparahan masalah pernapasan saat tidur. Masalah-masalah ini termasuk mendengkur dan sleep apnea.

Jadi, sebaiknya hindari sederet minuman di atas sebagai salah satu langkah tidur Anda terlelap.

Baca juga: Minuman Pagi Hari Ini Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan, Lho!

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."