5 Efek Minum Soda secara Berlebihan, Diabetes dan Merusak Gigi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minuman ringan (pixabay.com)

Ilustrasi minuman ringan (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa orang tetap konsumsi soda meski sudah mengetahui minuman itu tak menyehatkan. Apakah Anda salah satunya? Bila iya, mari kita ingat kembali bahwa kandungan gula dalam minuman soda mencapai 39 gram. Jumlah itu tiga kali lipat dari jumlah gula donat.  Bisa dibayangkan sejumlah risiko yang bisa terjadi jika dikonsumsi secara berlebihan?

Berikut beberapa efek samping saat Anda minum soda secara berlebihan dikutip dari Times of India. Dengan adanya gambaran ini, semoga kita dapat mengontrol konsumsinya demi kesehatan tubuh.

1. Diabetes

Baik soda biasa maupun soda diet tetap berhubungan dengan risiko diabetes tipe 2. Lonjakan gula yang Anda dapatkan dari soda akan memaksa tubuh mengubah gula menjadi lemak di hati. Deposit lemak di hati akan meningkat 150 persen yang pada gilirannya meningkatkan risiko diabetes.

2. Obesitas

Minum soda terlalu banyak akan menambah banyak gula ke tubuh yang akhirnya berubah menjadi lemak. Ini adalah minuman berkalori tinggi yang mengandung 140 kalori per kaleng yang dapat membuat bertambah berat badan dari biasanya, dan berdampak obesitas jika tidak membatasi asupan soda.

3. Lemak di Perut

Tidak ada yang suka kelebihan lemak di perut. Dan jika terlalu sering minum, Anda harus berolahraga. Gula dalam soda diserap sangat cepat oleh tubuh yang menyebabkan gula darah meningkat. Peningkatan gula darah ini memicu produksi insulin dalam tubuh yang berubah menjadi lemak.

4. Nyeri sendi

Wanita yang rutin mengonsumsi soda biasanya memiliki risiko artritis reumatoid yang meningkat. Inilah sebabnya, sangat penting untuk mengurangi asupan jenis soda apa pun lebih cepat daripada nanti.

5. Efek pada Gigi

Hanya 12 ons soda mengandung sepuluh paket gula yang melapisi gigi dan gusi Anda setiap kali minum soda. Minuman ini sangat memengaruhi gigi, sehingga dapat meluruhkan gigi dalam waktu singkat dan membuat Anda kesakitan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."