Minuman Pagi Hari Ini Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Lho!

Ilustrasi smoothies pelangi. Shutterstock.com

kesehatan

Minuman Pagi Hari Ini Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Lho!

Senin, 22 November 2021 07:05 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya tidak hanya fokus pada pilihan makanan, tetapi juga memperhatikan asupan minuman. Makanan dan minuman yang dikonsumsi, selain air putih, mengandung sejumlah kalori, lho.

Sebenarnya, ada beberapa minuman sehat yang cocok dan baik untuk dikonsumsi pada pagi hari, khususnya bagi orang yang sedang diet. Minum minuman berkalori rendah dan bergizi bisa membantu meningkatkan metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak.

Berikut lima minuman yang cocok dikonsumsi saat sarapan pagi untuk menurunkan berat badan, dilansir dari Times of India:

1. Kopi tanpa gula

Iustrasi kopi. Unsplash.com/Christiana Rivers

Kopi adalah minuman favorit kebanyakan orang di pagi hari dan tidak ada salahnya memulai hari dengan secangkir kafein. Namun, ketika dalam program penurunan berat badan, cukup konsumsi kopi hitam tanpa gula.

Menambahkan gula dan susu ke dalam secangkir kopi dapat meningkatkan jumlah kalori yang dapat merusak rencana penurunan berat badan. Selain itu, batasi asupan kopi maksimal 2 cangkir dalam sehari. Minum kopi berlebihan bisa menimbulkan efek samping seperti sulit tidur, dehidrasi, dan kembung.

2. Teh hijau

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu mempercepat proses pembakaran lemak dan meningkatkan performa ketika olahraga. Senyawa katekin yang dalam minuman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Efek yang sama bisa didapat dari minuman herbal, seperti teh kembang sepatu dan teh oolong.

3. Infused water

Infused water. Freepik.com/Azerbaijan Stockers

Minuman lain yang baik untuk diminum di pagi hari adalah infused water. Infused water dari lemon, daun mint, kayu manis, dan apel akan memberikan manfaat yang luar biasa pada tubuh. Daun mint, rempah-rempah, dan lemon adalah produk makanan yang memiliki sifat pembakar lemak. Selain itu, meminumnya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah dehidrasi.

4. Jus sayuran atau buah

Ilustrasi jus buah (Pixabay.com)

Segelas jus buah atau sayuran segar bisa memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh. Jus rendah kalori dapat meningkatkan metabolisme. Sayuran dan buah juga bisa dicampur untuk dijus secara bersamaan. Segelas jus di pagi hari dapat membantu meningkatkan proses pembakaran lemak dan membuat kenyang dalam waktu yang lebih lama.

5. Smoothie

Segelas smoothie dari buah-buahan dan kacang-kacangan bisa dikonsumsi ketika sarapan. Smothie ini memberikan manfaat susu, buah-buahan, dan kacang-kacangan yang sehat. Segelas smothie bisa memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk penurunan berat badan yang sehat. Smoothie juga dapat ditambahkan bubuk protein jika berolahraga untuk meningkatkan asupan protein.

Baca: Menurut Penelitian Minuman Manis Bikin Penuaan Dini, Ini Alasannya