Kedua Anaknya PTM, Arumi Bachsin Ungkap Kagok, Bingung, dan Sepi

Arumi Bachsin meneman kedua anaknya siap-siap ke sekolah. Foto: tangkapan layar YouTube/Arumi Bachsin

keluarga

Kedua Anaknya PTM, Arumi Bachsin Ungkap Kagok, Bingung, dan Sepi

Minggu, 28 November 2021 05:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Arumi Bachsin membagikan pengalamannya saat mendampingi kedua anaknya, Keisha dan Qeinan jalani pembelajaran tatap muka atau PTM di masa pandemi. Ia mengaku sedikit kesulitan saat menyiapkan keperluan anak-anak ke sekolah karena lebih dari setahun anak-anak belajar di rumah sejak awal pandemi.

"Karena udah lama sekolah online, jadi mamanya mulai kagok lagi cara siapin anak-anak sekolah offline," tuturnya dikutip dari kanal YouTube-nya, Arumi Bachsin, Sabtu, 27 November 2021.

Salah satu yang terlewatkan olehnya adalah memesan seragam untuk anak-anak. Walhasil, ia terlambat memesan dan anak-anak memakai baju bebas ke sekolah. Kala itu, kedua anaknya sudah memasuki minggu kedua PTM.

Arumi kemudian mengungkapkan ada sejumlah perubahan seperti durasi belajar di masa PTM dibandingkan sekolah sebelum masa pandemi.

"Karena pada saat sekolah offline kali ini, anak-anak cuma masuk 3 jam. Gak ada istirahatnya dan harus banyak menyiapkan protokol kesehatannya," ujar istri Emil Dardak ini.

Usai Keisha dan Qeinan mandi, Arumi menyempatkan menemani Qeinan belajar membaca. Keisha juga tampak membantu adik laki-lakinya yang berusia 6 tahun itu membaca buku belajar baca bertema makanan.

Setelah membaca bersama, Arumi membantu Qeinan menyiapkan buku-buku yang akan dibawa ke sekolah. Tampak Arumi sempat mencari jadwal pelajaran putranya. "Bentar yak, kok kayaknya banyak yang kurang," ucap Arumi sambil mengecek buku-buku di tas putranya.

"Qeinan, jadwal (belajar) Qeinan, mana?" tanya Arumi sambil melihat lemari dan rak buku.

Arumi Bachsin membantu anak sulungnya, Qeinan menyiapkan buku-buku yang dibawanya ke sekolah. Foto: tangkapan layar YouTube/Arumi Bachsin

Adapun Keisha menyiapkan sendiri buku-buku yang dibawanya ke sekolah berdasarkan jadwal pelajaran yang difotonya. Arumi sempat memuji putrinya yang berusia tujuh tahun itu sudah semakin mandiri.

"Anak aku udah gadis, udah ABG, udah bisa mandiri," imbuhnya sambil tersenyum ke arah Keisha yang sibuk memasukkan beberapa buku ke dalam tasnya.

"Ada bahasa Indonesia, trus music, trus science sama chineese," lanjutnya.

Arumi lalu mengajak anak-anaknya sarapan di meja makan. Sesekali tampak Arumi menyuapi Keisha yang sedang latihan sebelum tes bahasa Mandarin saat itu.

Mengingat anak-anaknya hanya tiga jam di sekolah, Arumi meniadakan bekal dan sesi jajan. Sebagai gantinya, ia membebaskan anak-anaknya memilih camilan dari lemari makanan berwarna coklat tua yang ada di area makan.

"Anak-anak karena gak ada jajan di sekolahnya, jadi sekarang dia minta snack sendiri," kata perempuan 26 tahun ini. Keisha tampak dengan mudah memutuskan camilan yang diinginkannya, sementara adiknya asyik memilih dengan bantuan Arumi untuk mengambilnya di lemari.

Arumi Bachsin membebaskan anak-anaknya memilih camilan dari lemari makanannya sebagai pengganti jajanan di sekolah. Foto: tangkapan layar YouTube/Arumi Bachsin

Setelah itu, Arumi tampak mengisi botol air minum keduanya. Arumi tak melupakan sejumlah benda yang wajib dibawa anak-anak saat bersekolah di masa pandemi seperti masker cadangan, hand sanitizer, dan tisu basah.

"Sama biasanya aku bawain alcohol swipe yang kayak tisu basah tapi dia alkohol untuk membersihkan meja dan lain-lain. Walaupun dari sekolah juga udah dibersihkan. Jadi, tiap pagi aku mastiin itu juga," jelasnya.

Selesai membereskan keperluan anak-anaknya di sekolah, Arumi tampak mendampingi anak-anaknya pamit kepada Emil yang berada di kamar. Tampak Keisha dan Qeinan mencium tangan ayahnya yang juga wakil Gubernur Jawa Timur itu. Emil kemudian tampak membalas dengan mengelus lembut dan mencium pipi mereka.

Meski tak ikut mengantar anak-anaknya ke sekolah, tampak Arumi mendampingi keduanya hingga masuk ke dalam mobil. Ia memastikan anak-anaknya tak lupa memakai sabuk pengaman. Dengan lambaian tangan, Arumi melepas anak-anaknya pergi ke sekolah.

"Dah, dah, bye," ujarnya."Oke, sekarang aku bingung saking udah lama anak-anak belajar di rumah. Anak-anak berangkat sekolah, rasanya rumahnya aneh kayak sepi," tandas Arumi.

Sebagai informasi, setelah berpacaran sekitar dua tahun, Arumi Bachsin dan Emil Dardak menikah pada 30 Agustus 2013. Pasangan ini telah dikaruniai dua anak, yaitu Lakeisha Ariestia Dardak (7 tahun) dan Alkeinan Mahsyir Putro Dardak (6 tahun). 

Baca juga: Keseruan Arumi Bachsin dan Emil Dardak Bikin Nasi Kuning untuk Ultah Putranya