Makan Sering Amburadul, Pembelaan Ussy Sulistiawaty: Masih Menyusui

Ussy Sulistiawaty. Foto: Instagram @ussypratama

kesehatan

Makan Sering Amburadul, Pembelaan Ussy Sulistiawaty: Masih Menyusui

Jumat, 19 November 2021 20:42 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi sekaligus artis Ussy Sulistiawaty menceritakan perjalanan masa menyusui si bungsu, Sakalingga Ibra Pratama. Dia bertutur, meski sering berolahraga tapi dirinya juga masih suka makan sembarangan. “Aku itu makannya amburadul, dengan alasan ‘Ah masih menyusui’,” ujarnya pada konferensi pers soft launching DRZLIM pada Jumat, 19 November 2021.

Ussy Sulistiawaty pun mengatakan bahwa temannya, pengusaha Airyn Tanu, sering melihat Ussy ngemil gorengan saat sedang berolahraga golf. Selain soal gorengan, dia juga menyebutkan bahwa mie ayam menjadi salah satu menu makanannya kala itu. “Pokoknya nggak ada pantangannya deh,” kata Ussy.

Setelah mengevaluasi diri, ibu 5 anak ini pun sadar bahwa dirinya perlu melakukan olahraga dan mengatur pola makan ulang agar tetap sehat dan memiliki berat badan ideal.

Ia pun lebih sering melakukan olahraga. Beberapa olahraga yang sering Ussy Sulistiawaty lakukan, adalah golf, bersepeda, dan boxing. Bila tidak berolahraga berat, Ussy pun berjalan kaki di rumah selama 40 menit.

Untuk mendukung usahanya mendapat berat badan ideal, Ussy Sulistiawaty bekerja sama dengan keempat temannya yakni Airyn Tanu, Elkendro Senduk, Helena Lim dan Vincent Lioe menghadirkan minuman serat yang baik untuk usus yakni DRZLIM. Minuman tersebut mampu memenuhi kebutuhan serat dan membantu menurunkan berat badan.

Penyanyi, sosialita dan YouTuber Helena Lim juga bercerita soal kendala yang dihadapi keluarganya soal masalah buang air besar. “Kalau aku masih mending ya, tapi anak-anak aku itu udah sampai ambeien,” ujarnya pada kesempatan yang sama.

Lebih lanjut, dirinya juga menjelaskan ambeien membuat sang anak sulit buang air besar. Akhirnya hal itu membuat sang anak harus mengejan lebih keras. Helena mengaku sudah membawanya ke dokter namun memang tetap punya masalah pencernaan. Seperti Ussy, Helena pun mengevaluasi diri dan akhirnya mengkonsumsi lebih banyak serat demi menangani masalah pencernaan anak dan semua keluarganya.

Tubuh manusia membutuhkan sekitar 20-30 gram serat per hari. Serat atau fiber terkandung pada buah-buahan serta sayuran yang dikonsumsi setiap hari. Mengonsumsi serat yang banyak memiliki manfaat seperti mengikat minyak dan lemak dari makanan yang dikonsumsi. Serat juga mendorong minyak dan lemak untuk dibuang saat buang air besar serta menghasilkan bakteri yang baik untuk usus. 

Bagi Ussy Sulistiawaty, mengonsumsi makanan serat dan sehat menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari. hal ini tentunya dibarengi dengan olahraga. "tapi aku tekankan sekali lagi, kalau mau berat badan ideal, mau kurus, semua itu butuh proses dan nggak bisa instan. Aku sendiri nggak suka instan. Aku tidak mau kurus tapi ingin menuju berat badan ideal," kata Ussy yang mengaku berat badannya sudah turun sebanyak 7 kilogram dalam 3 bulan terakhir. 

Cofounder DRZLIM Elkendro Senduk mengatakan DRZLIM terbuat dari bahan alami dan bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui atau yang sedang hamil. Menurutnya, produk tersebut diracik oleh dokter.

Baca: Temani Kedua Putrinya Belanja, Ussy Sulistiawaty: Emaknya Pasrah Aja

LAURENSIA FAYOLA