5 Makanan Ini Dapat Tingkatkan Kesehatan Usus di Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi kismis atau buah kering (Pixabay.com)

Ilustrasi kismis atau buah kering (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usus menjadi salah satu bagian terpenting dari tubuh kita. Usus berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses pencernaan. Jika usus kita tak memiliki sistem yang baik, maka pada akhirnya sampah makanan bisa tertumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Artinya, kesehatan usus tidak boleh sekali-sekali kamu lewatkan dari perhatian. Untuk mengetahui cara-caranya, berikut ini setidaknya ada lima makanan yang dapat meningkatkan kesehatan usus:

1. Gandum
Makanan satu ini sangat kaya akan serat beta glucan dan memiliki kaitan dengan bakteri usus yang sehat. Selain itu, gandum juga dapat mengendalikan nafsu makan dan mencegah kita untuk menyantap makanan yang berlebihan dengan cara memperlambat proses pencernaan di perut. Itulah alasannya mengapa gandum sering dimasukkan dalam daftar makanan diet.

2. Biji rami/Flax seeds
Mungkin nama biji rami masih agak asing di telinga orang Indonesia. Tapi, perlu diketahui bahwa jenis biji satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga dikenal dengan makanan ‘prebiotik’ dan ‘probiotik’ yang dipecah dalam tubuh untuk menyediakan bakteri baik bagi mikrobioma usus. Biji rami dapat ditemukan dengan mudah lewat internet yang bisa dibeli kapan saja.

3. Kenari
Kali ini, bergeser sedikit ke arah kacang-kacangan. Ada kacang kenari yang ternyata sangat lezat dan dapat meningkatkan proliferasi bakteri usus yang baik dan dapat meningkatkan kesehatan serta mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan begitu, ada baiknya untuk sering-sering mengkonsumsi kenari demi kesehatan usus dan jantung.

4. Buah plum
Jenis buah satu ini ternyata kaya akan serat yang tidak larut dan dapat menjaga gerakan bowel pada usus tubuh agar tetap teratur. Gerakan bowel yang terganggu sendiri, dapat menyebabkan perut yang terasa nyeri atau kram. Lalu, seratnya yang telah larut juga dapat melancarkan pencernaan dan menyerap nutrisi dari makanan yang dapat membuat membuat perut terhindar dari iritasi bowel.

5. Kismis
Kismis, menjadi salah satu jenis makanan yang dapat dengan mudah ditemukan saat berada di sebuah toko roti. Kismis sendiri memiliki sifat baik dimana kandungannya memiliki serat larut yang tinggi dan sangat cocok untuk meningkatkan kesehatan serta flora pada usus. Selain itu, kismis juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Baca: Minum Teh Hitam Tingkatkan Kesehatan Usus dan 7 Khasiat Lainnya

LAURENSIA FAYOLA l PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."