Hari Ayah Nasional, Anak Perempuan Memilih Pasangan Seperti Figur Ayahnya

Ilustrasi Ayah bersama Putrinya. sweetsharing.com

keluarga

Hari Ayah Nasional, Anak Perempuan Memilih Pasangan Seperti Figur Ayahnya

Jumat, 12 November 2021 19:06 WIB
Reporter : Antara Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari ini, Jumat 12 November 2021 diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Banyak yang bilang jika peran ayah, salah satunya bisa menjadi role model dan contoh yang bisa diikuti oleh anak-anaknya. 

Psikolog Irma Gustiana Andriani mengatakan kedekatan antara figur ayah dengan anak dapat menjadi salah satu aspek yang berpengaruh dalam pemilihan pasangan hidup bagi sang anak saat ia dewasa. 

"Berpengaruh ketika si anak memilih pasangan. Karena salah satu aspek yang sangat berpengaruh sekali itu juga pada keterlibatan dan peran ayah di masa kecil ya. Jadi, itu akan mempengaruhi bagaimana anak itu melihat dan memetakan kalau figur laki-laki itu seperti apa sih," jelas Irma, Psikolog di Lembaga Psikolog Terapan Universitas Indonesia (LPT UI).

Lebih lanjut, Irma juga menjelaskan bahwa jika anak perempuan memiliki kedekatan dengan ayahnya, dia pun akan cenderung untuk memilih pasangan hidup yang relatif mirip dengan sang ayah, saat ia beranjak dewasa.

"Kalau kecilnya dia dekat sama ayahnya, itu cenderung akan memilih pasangan hidup yang biasanya relatif kurang lebih mirip lah dengan karakter ayahnya. Dan itu akan membuat lebih optimis gitu bahwa yang namanya pernikahan, yang namanya keluarga itu pasti akan memberikan dampak yang baik gitu," ujar Irma.

"Akhirnya nanti dia akan memutuskan untuk menikah karena dia merasa punya role model keluarga yang memang selama ini hangat gitu. Dan dia ingin suaminya atau keluarganya memiliki kehangatan yang sama. Jadi bisa berpengaruh terhadap proses pemilihan pasangan hidup," sambungnya.

Di Hari Ayah 12 November ini, Irma berharap agar seluruh sosok ayah terutama di Indonesia dapat kembali melakukan evaluasi dan refleksi diri untuk dapat meningkatkan waktu berkualitas guna membangun kedekatan dengan anak-anaknya.

"Jadi harapannya, di Hari Ayah ini ayah-ayah di Indonesia kembali untuk melakukan refleksi diri, mengevaluasi diri untuk bisa meningkatkan waktu berkualitas dengan anak-anaknya. Agar anak-anaknya punya perkembangan sosial emosional yang lebih baik," kata Irma.

Baca: Hari Ayah Nasional, Happy Salma dan 3 Artis Ini Sampaikan Pesan Manis