Tips Mudah Ajak Anak Suka Makan Sayur dan Buah

Buah dan sayur tak hanya kaya akan vitamin. Makanan sehat ini juga memiliki kandungan protein yang diperlukan tubuh.

keluarga

Tips Mudah Ajak Anak Suka Makan Sayur dan Buah

Senin, 8 November 2021 13:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Sayur dan buah memang memiliki kandungan yang sangat baik dan menyehatkan tubuh. Namun, sayangnya kedua hal tersebut biasanya tak disukai oleh anak-anak. Selaras dengan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, sekitar 60 persen anak-anak tidak makan cukup buah, dan 93 persen tidak makan cukup sayuran

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Barbara Rolls dan Helen A. Guthrie ditemukan bahwa dengan menambahkan lebih banyak sayur dan buah ke piring anak dapat mendorong kebiasaan makan mereka yang sehat. Maka dari itu, sebagai orang tua, tentu penting untuk mengajak anak makan Sayur dan buah dengan membuatkan resep yang dapat menggugah selera makan mereka.

Saat memutuskan apa yang akan diberikan kepada anak-anak, ingatlah bahwa setengah dari makanannya harus berupa sayur dan buah. “Jika Anda mulai lebih banyak memberikan makanan yang tak sehat, maka Anda bisa mengurangi makanan padat kalori dan menambahkan jenis makanan,” kata Rolls.

Orang tua juga perlu melakukanlah eksperimen dengan mencoba berbagai macam buah untuk mengetahui hal apa yang disukai oleh si kecil. Sehingga, selanjutnya orang tua dapat menyajikan sesuai dengan selera si anak.

Rolls mengatakan bahwa penelitian tersebut memiliki hasil yang baik untuk meningkatkan asupan buah anak sehingga telah mencapai target. Namun, dia juga menyampaikan meskipun asupan sayur anak meningkat, nyatanya hingga saat ini masih belum mencapai target yang ditetapkan.

Sebagai kesimpulan, menyajikan sayur dan buah sebagai hidangan utama atau makanan ringan saat anak lapar dapat meningkatkan asupan mereka. Orang tua bisa menambahkan sayur dan buah pada campuran makanan lain “Misalnya, Anda bisa mencampurkan kembang kol atau labu ke dalam saus mac and cheese atau menambahkan buah ke dalam campuran kue,” kata Rolls.

Dengan begitu, orang tua tidak mengurangi kelezatan hidangan, tapi dapat membuat anak-anak makan lebih banyak Sayur dan buahan. Di luar itu, orang tua juga harus mendorong si kecil untuk memakan sayurannya sendiri, dan menambahkannya pada kebiasaan makan mereka.

Baca: Selain Tumbuh Kembang, Bermain juga Bermanfaat untuk Redakan Kelelahan Anak

LAURENSIA FAYOLA l TIMES OF INDIA