Perhiasan Marie Antoinette dan Duchess of Windsor Bakal Dilelang di Swiss

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Seorang staf menampilkan sepasang gelang berlian, dengan sekitar 140 hingga 150 karat dan dimiliki oleh Ratu Marie-Antoinette dari Prancis, sekitar tahun 1776, selama pratinjau di Christie's sebelum lelang di Jenewa, Swiss, 3 November 2021. (ANTARAREUTERS/DENIS BALIBOUSE)

Seorang staf menampilkan sepasang gelang berlian, dengan sekitar 140 hingga 150 karat dan dimiliki oleh Ratu Marie-Antoinette dari Prancis, sekitar tahun 1776, selama pratinjau di Christie's sebelum lelang di Jenewa, Swiss, 3 November 2021. (ANTARAREUTERS/DENIS BALIBOUSE)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perhiasan milik Marie Antoinette dan Duchess of Windsor bakal dilelang di Jenewa, Swiss, minggu depan. Terdiri dari gelang berlian dan batu ruby ditaksir harga lelang masing-masing perhiasan di atas USD1 juta.

Sebuah kotak beludru biru bertuliskan "gelang Ratu Marie Antoinette" menyimpan gelang berlian bertumpuk, masing-masing terdiri dari tiga untaian berlian dan jepitan besar, dengan total 112 berlian.

Gelang-gelang berlian itu, yang sekarang menjadi milik keluarga kerajaan Eropa, diperkirakan akan terjual USD2 juta hingga USD4 juta pada pelelangan 9 November, kata Christie's.

"Untuk menemukan perhiasan dengan nilai sejarah Prancis yang berusia lebih dari 200 tahun benar-benar membuat kolektor dan pecinta perhiasan dari seluruh dunia akan mengawasi," kata Max Fawcett, kepala departemen perhiasan Christie di Jenewa, dikutip dari Reuters, Kamis, 4 November 2021.

"Berapakah seseorang bersedia membayar untuk sesuatu dari ratu terakhir Prancis? Kami telah melihat hasil sebelumnya dari barang-barang yang dijual oleh Marie Antoinette, bahwa benar-benar tidak ada batasan seberapa tinggi ini bisa terjadi," ujarnya menambahkan.

Marie Antoinette, yang mengirim surat dari penjara di Tuileries di Paris yang mengatakan bahwa peti kayu dengan permata akan dikirim untuk disimpan, dipenggal pada tahun 1793. Putrinya yang masih hidup Marie Therese, Madame Royale, menerima perhiasan itu setibanya di Austria, kata rumah lelang Christie's.

Selain gelang berlian milik Marie Antoinette, ada juga batu ruby dan gelang berlian Art Deco yang dipesan oleh Duke of Windsor dari Cartier, ditawarkan kepada istrinya, Duchess of Windsor, yang berkebangsaan Amerika pada ulang tahun pertama mereka di selatan Prancis oleh pria yang menyerahkan takhta untuk menikahi sang bangsawan, kata Christie's.

Perkiraan pra-penjualan adalah 1 juta hingga 2 juta franc Swiss ( USD1,10 juta hingga USD2,19 juta).

Koleksi perhiasan desainer Duchess pertama kali ditawarkan di lelang pada penjualan yang diadakan di sepanjang Danau Jenewa pada tahun 1987, di mana tawaran melonjak, jauh melebihi perkiraan pra-penjualan.

Sementara itu, rumah lelang Sotheby's akan menawarkan perhiasan kerajaan Rusia yang diselundupkan ke luar negeri selama revolusi 1917, di samping berlian berwarna langka, pada 10 November di Jenewa.

Baca juga: Model Dinamis Jadi Tren Perhiasan Emas Saat Ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."