Awal Karier Jadi Model, Coco Rocha Sempat Rehat Karena Tekanan Citra Tubuh

Coco Rocha. Foto: Instagram/@cocorocha

profil

Awal Karier Jadi Model, Coco Rocha Sempat Rehat Karena Tekanan Citra Tubuh

Sabtu, 30 Oktober 2021 08:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Supermodel Coco Rocha pernah merasa tidak aman atau insecure dengan tubuhnya sendiri di awal kariernya. Ibu tiga anak ini mengatakan bahwa dia dulu merasa sangat buruk menilai tubuhnya karena tekanan industri untuk tetap kurus.

“Ketika saya berusia 16, 17, saya makan makanan yang sangat khusus, berolahraga sampai saya tidak menstruasi selama setahun,” ungkap Rocha, 33, kepada Page Six Style di karpet merah Gala HUT ke-30 DKMS pada Kamis malam, 28 Oktober 2021.

Kala itu, segalanya menjadi begitu mengerikan, sehingga dia mundur selangkah, rehat sejenak dari dunia model dan memulai hubungan pertamanya dengan suaminya yang sekarang, artis James Conran.

Selama jeda itu, Rocha menyadari bahwa dia telah bekerja lembur demi orang lain, dan bosan dengan orang-orang di industri model yang membuatnya merasa rendah diri. Lalu, ia bangkit untuk lebih mencintai dirinya sendiri atau self love.

“Pada saat itu hanya terbalik,” jelasnya. "Saya menyadari bahwa saya tahu apa yang saya inginkan dari ini (menjadi model)," sambutnya.

Pengalaman itu salah satu faktor model kelahiran Kanada ini mendirikan kamp modeling-nya sendiri pada tahun 2018 untuk mengajar siswa tentang industri ini. Selain kelas biasa di atas catwalk, ia berbagi pengalamannya di dunia model selama lebih dari tiga dekade. 

“Seperti model juga rentan alami pelecehan, saya rasa tidak banyak orang tidak menyadarinya. Itu hampir terjadi pada semua model, termasuk model top," ujarnya

Di kelas, Coco Rocha akan mengisahkan suka duka merintis karier model sejak remaja. "Ada waktu di mana saya membahas apa hak Anda sebagai model, sebagai manusia. Apa yang mungkin Anda alami, apa yang seharusnya tidak Anda alami, semuanya. Saya telah mengalami yang buruk, yang baik dan yang menakjubkan. Dan saya ingin mereka hanya mengalami yang baik dan yang menakjubkan,” pungkasnya.

Baca juga: Kiat Coco Rocha Menyeimbangkan Keluarga dan Karier Model