Hindari Makanan dan Minuman Ini Setelah Usia 30 Tahun, Ada Soda dan Krimer Kopi

Ilustrasi minuman bersoda (Pixabay.com)

kesehatan

Hindari Makanan dan Minuman Ini Setelah Usia 30 Tahun, Ada Soda dan Krimer Kopi

Kamis, 16 September 2021 20:15 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan bertambahnya umur, maka beberapa sistem tubuh juga akan mengalami penurunan. Oleh karena itu, terdapat beberapa makanan yang perlu Anda perhatikan terutama setelah berumur 30 tahun, Agar masa tua Anda juga memiliki performa tubuh yang baik.

Namun sebagai catatan, Anda bukan berarti tidak boleh mengonsumsi makanan-makanan ini untuk selamanya. Anda dapat mengonsumsi sesekali, agar Anda tetap memiliki kesehatan dan nutrisi tubuh yang baik. Anda dapat mengontrol sesuai dengan Apa yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Pastikan agar seluruh nutrisi mencukupi, dan hindarilah makanan yang dapat merugikan tubuh Anda. Dilansir dari Eathis berikut beberapa makanan dan minuman yang perlu Anda perhatikan setelah berumur 30 tahun.

1. Yogurt manis

Yogurt manis bisa memiliki gula sebanyak semangkuk es krim. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati

2. Sup kaleng

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 menemukan hubungan antara tekanan darah tinggi dan penuaan kulit jika konsumsi sup kaleng.

3. Kue-kue sarapan

Gula yang terlalu berlebihan tentu memberikan dampak yang berbahaya terutama pada saat usia tua nanti. Dengan mengontrol gula yang baik, maka dapat membantu memperpanjang rentang usia Anda.

4. Daging yang hangus

Diketahui bahwa amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dapat mengubah DNA dan meningkatkan risiko kanker.

5. Soda

Soda yang dicampur dengan pewarna berpotensi menyebabkan kanker. Gula tidak hanya berdampak negatif pada ovulasi, tetapi juga dikaitkan dengan motilitas sperma yang lebih buruk.

6. Bagel dan roti putih Tubuh dapat mengubah karbohidrat olahan menjadi gula dan kemudian glukosa, nutrisi yang merusak kolagen dan protein penangkal kerutan lainnya.

7. Makanan vegetarian

Salah satu contoh makanan vegetarian adalah burger sayur. Pastikan Anda tidak memotong sapi dari pola makan Anda untuk mengurangi uban pada rambut Anda, yakni daging sapi yang berlimpah vitamin B12.

8. Margarin

Bukan hanya jenis lemak pada margarin dapat terkait dengan penyakit jantung, margarin juga dapat mempercepat proses penuaan kulit dan lebih rentan pada radiasi ultraviolet.

9. Makanan diet beku

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan mengonsumsi makanan diet beku, Anda cenderung akan mengalami kekurangan nutrisi yang mengenyangkan seperti serat, dan Anda cenderung akan mengonsumsi tambahan kimia yang tidak dibutuhkan.

10. Saus keju

Saus keju dapat mengandung warna dan perasa buatan, serta bahan aditif. Lebih baik Anda mengolah dari keju asli dan melelehkannya.

11. Kecap

Hindarilah untuk mengonsumsi makanan asin seperti kecap. Sodium dapat menyebabkan dehidrasi, dan jika terlalu banyak akan memperparah kondisi.

12. Keripik

Anda harus mengurangi camilan agar dapat menjaga porsi kalori harian Anda. Sebagai salah salah satunya, terdapat keripik yang disengaja memberikan rasa yang dominan, agar konsumen dapat mengonsumsi lebih banyak.

13. Minuman olahraga

Mungkin tubuh Anda tidak memerlukan bantuan kalori dan gula ekstra yang ditemukan pada minuman olahraga. Hal ini perlu diperhatikan, mengingat bertambahnya usia maka metabolisme bisa menjadi lebih lambat.

14. Selai kacang olahan

Selai kacang olahan sering mengandung banyak gula tambahan dan minyak sayur terhidrogenasi dan olahan, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

15. Snack bar

Banyak dari makanan ini sebenarnya memiliki banyak bahan yang tidak Anda butuhkan, seperti gula buatan dan minyak kelapa sawit. Hal ini dapat membuat Anda menjadi lebih mudah lelah dan lapar.

16. Buah kaleng

Dibandingkan mengonsumsi buah dari kalengan, lebih baik Anda memilih buah yang segar. Buah kalengan dikemas dengan sirup dan perasa buatan dapat membuat berat badan Anda menjadi bertambah.

17. Saus pasta

olahan Saus pasta olahan seringkali mengandung banyak minyak inflamasi, tambahan gula, dan garam.

18. Krimer kopi

Krimer kopi biasanya masih dikemas dengan lemak trans yang dapat menyebabkan peradangan, memperburuk rasa sakit dan nyeri akibat cedera olahraga dan penuaan.

Baca: 5 Efek Minum Soda secara Berlebihan, Diabetes dan Merusak Gigi