5 Makanan yang Kaya Vitamin B12, Susu hingga Ikan Tuna

Ilustrasi susu (pixabay.com)

kesehatan

5 Makanan yang Kaya Vitamin B12, Susu hingga Ikan Tuna

Senin, 18 Oktober 2021 08:05 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda merasa lelah, pusing, atau lesu, atau kehilangan nafsu makan, bisa jadi tanda Anda kekurangan vitamin B12. Tubuh kita membutuhkan berbagai nutrisi penting untuk berfungsi dengan baik, termasuk vitamin B12. 

Vitamin B12 adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah yang wajar. Vitamin B12 terutama terlibat dalam pembuatan sel darah merah dan DNA. Meskipun tubuh manusia tidak memproduksi vitamin ini secara alami, ada beberapa makanan atau minuman yang kaya kandungan vitamin B12-nya. Berikut 5 di antaranya seperti dilansir dari NDTV

1. Susu

Vitamin B12 berlimpah dalam susu. Inilah sebabnya mengapa spesialis merekomendasikan minum susu setiap hari untuk menghindari kekurangan vitamin B12. Selain itu, susu kedelai merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik. Susu kedelai sering direkomendasikan sebagai pengganti vegan.

Menurut USDA, satu cangkir susu kedelai menyediakan 45 persen asupan Vitamin B12 yang direkomendasikan.

2. Telur

Telur dapat membantu Anda mendapatkan dosis harian vitamin B12. Jumlah vitamin B12 yang stabil dapat diperoleh dengan makan telur rebus untuk sarapan atau salad untuk makan siang dan makan malam. Sup dan tumisan juga bisa mendapat manfaat dari penambahan telur untuk meningkatkan nilai gizinya.

3. Keju

Beberapa sumber vitamin B12 terbaik termasuk keju atau keju cottage (paneer). Ini mungkin merupakan sumber vitamin yang berharga untuk vegetarian. Makanan ini tidak hanya tersedia tetapi juga dapat dikonsumsi setiap saat sepanjang hari dalam beberapa cara.

4. Daging ayam

Di antara makanan hewani, daging ayam merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Jadi cara lain untuk memastikan bahwa tubuh Anda tidak kekurangan nutrisi adalah dengan memasukkan daging ayam ke dalam makanan Anda, yang juga merupakan sumber protein tanpa lemak.

5. Ikan Tuna

Ikan tuna diklaim mengandung kadar vitamin B12 yang signifikan, selain omega-3 dan protein. Oleh karena itu, Anda dapat menuai manfaatnya dengan memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari Anda dan memasangkannya dengan telur di berbagai hidangan.

Baca juga: Mata Kuning Bisa Jadi Tanda Kekurangan Vitamin B12