Studi: Unggah Foto Makanan di Instagram Bikin Tambah Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi memanggang makanan. Freepik.com/8photo

Ilustrasi memanggang makanan. Freepik.com/8photo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurut sebuah studi baru, orang-orang yang membagikan gambar makanan mereka di Instagram, umumnya memiliki kelebihan berat badan. Survei menunjukkan bahwa hampir 70 persen milenial secara teratur membagikan gambar makanan sebelum makan. Studi ini dilakukan oleh para peneliti di Georgia Southern Univerity di Amerika Serikat. Studi ini menunjukkan bahwa pengunjung yang memotret makanan mereka dan mengunggahnya di media sosial membutuhkan waktu lebih lama untuk merasa lebih kenyang.

Itu membuat mereka lebih mungkin untuk memiliki porsi kedua. Studi yang lebih lama menunjukkan bahwa berbagi gambar makanan di media sosial membuat makanan terasa lebih enak karena memotret membuat otak lebih berkonsentrasi pada bau dan rasa makanan.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, tim merekrut 145 siswa dan membagi mereka menjadi dua kelompok. Kedua kelompok diberi sepiring kerupuk keju untuk digigit tetapi setengahnya disuruh berhenti dan berfoto dulu. Segera setelah memakan makanan tersebut, para relawan diminta untuk menilai seberapa besar mereka menyukai makanan tersebut dan apakah mereka menginginkan lebih.

Ditemukan bahwa orang yang memotret foto makanan itu, mendapat skor lebih tinggi dalam hal kenikmatan dan menginginkan porsi kedua. Sesuai penelitian, pengambilan gambar tampaknya mengubah cara otak merasakan makanan dan meningkatkan hasrat. "Ingatan tentang makanan dan tindakan mencatat konsumsi dapat mempengaruhi seberapa banyak kita makan. Hasil kami menunjukkan bahwa pengambilan gambar mengarah pada keinginan yang lebih besar dari makanan setelah konsumsi," tulis para peneliti seperti dilansir dari Times of India.

Para peneliti menyarankan agar orang-orang yang ingin mengkonsumsi makanan enak dalam porsi kecil, sebaikya menghindari memotret apa yang mereka makan.

Baca: Benarkah Minum Kopi dan Air Lemon Bikin Langsing? Simak 4 Faktanya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."