Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini 5 Seleb yang Mau Berbagi Kisah

Ariel Tatum, aktris, penyanyi, dan influencer kesehatan mental. Instagram/@arieltatum

kesehatan

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini 5 Seleb yang Mau Berbagi Kisah

Minggu, 10 Oktober 2021 22:23 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, JakartaHari Kesehatan Jiwa Sedunia ditetapkan pada 10 Oktober 1992 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hari khusus ini diperingati untuk memberikan perhatian pada kesehatan mental dan pengaruhnya yang besar terhadap kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Kesehatan jiwa merupakan masalah serius yang masih dianggap tabu oleh sebagian orang. Banyak dari penderita gangguan mental merasa malu untuk berbagi tentang kisahnya atau masih belum bisa menerima apa yang sedang dialaminya.

Banyak dari kita, termasuk para selebriti, yang masih berjuang menghadapi masalah kesehatan mental. Beberapa di antara mereka memilih untuk mengkampanyekan pentingnya kesehatan mental. Beberapa di antara pun berani menceritakan pengalaman pribadinya saat sedang menghadapi penyakit ini.

Berikut 5 artis tanah air yang aktif mengkampanyekan kesehatan mental.

1. Marshanda

Marshanda (Instagram/@marshanda99)

Marshanda mengaku bahwa dirinya didiagnosis menderita gangguan bipolar pada 2009. Ia pun mengatakan sempat tidak bisa menerima kondisi ini selama 3 tahun. Namun karena mendapat dukungan dari orang sekitar, ia akhirnya mau mempelajari dan berkonsultasi dengan psikolog.

Dalam berbagai kesempatan, wanita yang akrab dengan panggilan Caca ini kerap kali berbagi tentang pentingnya menjaga kesehatan mental. Ia pun aktif menceritakan perkembangan perawatan yang dijalaninya untuk mengatasi masalah itu.

2. Ariel Tatum

Ariel Tatum, penyanyi, aktris, dan infulencer kesehatan mental. Instagram.com/@arieltatum

Ariel tatum adalah salah satu pejuang Borderline Personality Disorder (BDP). BDP merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang menyebabkan ketidakstabilan emosi seseorang dan mempengaruhi cara berpikir serta cara bertindak pasiennya dalam kehidupan sehari-hari.

Ariel Tatum merasakan mengalami kepribadian ambang sejak umur 13 tahun, namun belum mendapat diagnosis yang pasti. BDP ini memang sulit untuk dideteksi.  Ariel Tatum pun baru didiagnosis mengidap BDP dan bisa menerima hal tersebut ketika berusia 18 tahun.

3. Awkarin

Awkarin, selebgram dan pemengaruh. Foto: Instagram/@awkarin

Selebgram Awkarin mengaku pernah mengalami masalah kesehatan mental. Ia membagikan kisahnya melalui YouTube pribadinya yang berjudul I Quit Instagram. Ia juga mengungkapkan ketika SMA mengalami masalah kesehatan mental selama 2 tahun dan beberapa kali sampai masuk ke rumah sakit bahkan sampai melakukan percobaan bunuh diri.

4. Dea Saskia

Selebgram kelahiran 2000 ini mengaku mengalami masalah kesehatan mental sejak SMP. Pada saat itu, Dea memiliki kebiasAan buruk untuk menyakiti diri sendirI. Bahkan ketika ia sudah lulus SMA, ada keinginannya untuk melakukan bunuh diri. Sampai akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke psikiater dan akhirnya pada tahun 2019, dokter mendiagnosis bahwa Dea mengalami gangguan bipolar.

Gangguan mental bukanlah suatu hal yang bisa disepelekan. Jangan pernah merasa malu untuk berbagi apa yang sedang dialami. Ketika merasa paham dengan hal tersebut, jangan untuk mendiagnosis diri sendiri sehingga memiliki masalah dengan kejiwaan. Datangilah psikolog atau psikiater bila memang sudah dirasa perlu.

Peran dari kerabat terdekat seperti keluarga dan sahabat serta lingkungan sangat penting untuk mendukung orang yang sedang mengalami masalah dengan kejiwaan.

Baca: Hari Kesehatan Mental Sedunia, Kurangi Pakai Media Sosial Agar Pikiran Rileks

ANDINI SABRINA | YOUTUBE | INSTAGRAM