Berbagi Pesan Bijak, Maia Estianty Beri Kunci Hidup Enak di Hari Tua

Gaya busana Maia Estianty di Kona, Hawaii, Amerika Serikat. Foto: Instagram/@maiaestiantyreal

profil

Berbagi Pesan Bijak, Maia Estianty Beri Kunci Hidup Enak di Hari Tua

Rabu, 6 Oktober 2021 15:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Musisi Maia Estianty memiliki sebuah pandangan atau kunci agar di hari tua nanti bisa hidup dengan enak. Ia kerap kali memberikan motivasi kehidupan dengan tagar #semakintuasemakinbahagia pada akun Instagram pribadinya.

"Hidup itu kalau mau akhir hidupnya enak, berkah, banyak2lah berbuat baik dan bersyukur," katanya mengingatkan di akun media sosialnya pada 5 Oktober 2021.

Hidup adalah sebuah proses yang ditandai dari pertumbuhan. Semua makhluk hidup akan mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan manusia sendiri itu dimulai saat masih berada dalam kandungan ibu, lalu tumbuh menjadi dewasa hingga akhirnya menua. Tandanya, kita hidup sudah puluhan tahun. Maka dari itu perlu adanya bekal untuk masa tua adalah dengan investasi kebaikan.

Kalau di masa tua banyak ketidakenakan hidup, coba tanyakan dalam hatinya apa yang pernah dilakukan di masa mudanya. Hidup itu adalah sesuai perbuatan kita di masa lalu, jika di akhir hidupnya manusia nggak enak, anggap saja itu dosa-dosa kita di masa lalu sedang dibersihkan,” tulis Maia Estianty pada instagram pribadinya.

Maia Estianty pun mencontoh kisah bahwa jika masa muda seseorang sering mencuri, maka ia pun tidak heran ketika sudah tua orang itu tidak akan memiliki apapun. Contoh lain, jika masa mudamu memiliki banyak kebaikan, tapi dengan kebaikan, masa tua orang itu pun bisa bahagia dan cukup serta diberikan kehidupan yang baik biarpun hidup sederhana. "Jika kita sering mengambil hak orang lain, jangan salahkan kehidupan jika hakmu suatu saat juga di rampas orang lain," katanya.

Maia Estianty yakin bahwa hidup itu adalah sesuai perbuatan seseorang di masa lalu. Jika di akhir hidup nya manusia hidup dengan nggak enak bisa saja hal itu berupa penghapusan dosa-dosa manusia di masa lampau yang sedang dibersihkan. "Anggap saja itu dosa-dosa kita di masa lalu sedang di bersihkan. Biar masih remaja juga, kita pernah berbuat dosa. Entah itu ke orang lain, ke orang tua, ke teman, keluarga, bahkan dosa ke diri sendiri. Bahkan jika hidup kita nggak enak di masa sekarang, anggap saja dosa kita sedang dihisab atau di bersihkan dari dosa masa lalu," kata Maia Estianty.

Ibu tiga anak ini pun mengingatkan bahwa menjalani kehidupan ini kuncinya adalah sabar. "Sabar ibarat senjata kehidupan yang tak nampak. Tapi akhirnya akan enak dan indah. Semua perbuatan akan kembali kepada mereka yang melakukannya. Tidak ada yang tidak kembali. Baik di dunia atau pun di akhirat,” kata Maia Estianty .

Semua memang membutuhkan proses meski memerlukan waktu yang lama. Tuhan akan memberikan hadiah kepada umatnya yang mau bersabar. Ia mengingatkan untuk mengalahkan ego yang ada dalam diri, itulah sang pemenang kehidupan sesungguhnya. "So, pilih mana, nabung kebaikan? atau nabung keburukan ??? Bismillah, kita selalu dituntun kepada perbuatan baik. Amin," kata Maia Estianty.

Baca: Fashion Liburan Maia Estianty di Amerika Serikat, Kaus hingga Blus Berpita

ANDINI SABRINA