Resep Membuat Kue Bulan, Sajian Wajib di Festival Pertengahan Musim Gugur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kue bulan dengan kuning telur asin yang baru saja dipanggang terlihat di sebuah perusahaan makanan bernama Saikoh di Yokohama, Jepang, pada 30 September 2020. Festival Pertengahan Musim Gugur atau juga disebut Festival Kue Bulan jatuh pada 1 Oktober tahun ini. (Xinhua/Du Xiaoyi)

Kue bulan dengan kuning telur asin yang baru saja dipanggang terlihat di sebuah perusahaan makanan bernama Saikoh di Yokohama, Jepang, pada 30 September 2020. Festival Pertengahan Musim Gugur atau juga disebut Festival Kue Bulan jatuh pada 1 Oktober tahun ini. (Xinhua/Du Xiaoyi)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKue bulan atau mooncake adalah sajian wajib yang ada di Festival Pertengahan Musim Gugur. Untuk merayakannya, keturunan Tionghoa biasanya mengirimkan kue bulan kepada keluarga, teman, dan kolega. Seperti namanya, kue tersebut berbentuk bulat dengan lekuk-lekuk di sepanjang sisinya. Sementara di bagian atas, terdapat pola ukiran dan kaligrafi khas Cina.

Kue bulan klasik ternyata bisa dibuat sendiri di rumah dengan cara sederhana. Bahan-bahan untuk membuatnya pun mudah ditemukan di swalayan terdekat. Biasanya isian kue bulan seperti kacang hijau, kacang hitam, biji lotus, pandan, dan kacang merah. Berikut resep membuat kue bulan.

Bahan-bahan

  • 260 gram tepung terigu
  • 1 butir kuning telur
  • 165 gram golden syrup
  • 35 gram minyak kacang
  • 10 gram air abu
  • 27 gram selai kacang

Bahan olesan

  • 1 butir kuning telur
  • 1,5 sdm air

Bahan isian

  • 12 butir kuning telur asin
  • Isian kue bulan (sesuai selera)

Cara membuat

1. Cuci bersih kuning telor asin dengan air mengalir, kemudian tata di loyang yang sudah dialasi alumunium foil.

2. Panggang kuning telor asin di oven yg sudah dipanaskan di suhu 180 dercel api atas bawah selama 10 menit.

3. Setelah telor asin matang, keluarkan dari oven dan dinginkan sebentar kurang lebih 20 menit. Sisihkan untuk menjadi isian kue bulan.

4. Langkah selanjutnya, yakni membuat bahan kue. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah. Kemudian masukkan golden syrup, minyak kacang, air abu, selai kacang, dan kuning telur. Aduk rata.

5. Uleni bahan tersebut pisahkan sedikit-sedikit menjadi beberapa bagian. Tutup wadah menggunakan kain hingga bahan sedikit mengembang.

6. Pisahkan beberapa bahan menjadi beberapa bagian. Bentuk bulat adonan tersebut dan masukkan isian telur dan isian yang Anda inginkan sesuai selera.

7. Siapkan pemanggang dengan suhu 170 dercel.

8. Sembari menunggu panas, cetak kue bulan berbentuk bulat menggunakan cetakan.

9. Panggang kue bulan selama 15 menit hingga sedikit mengembang.

10. Setelah 15 menit, keluarkan kue bulan selama 5-10 menit, lalu oles dengan olesan kuning telur tipis-tipis. Masukkan kue ke pemanggang lagi 10 menit.

11. Setelah matang keluarkan kue bulan dari oven dan dinginkan. Lalu, siap disantap.


Baca juga: Yuk Bikin Cake Pisang Topping Kenari untuk Hidangan Penutup Makan Malam

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."