Punya Penyakit Rosacea, Maia Estianty: Kena Panas Dikit, Merah

Maia Estianty menunjukkan foto wajahnya yang kemerahan karena penyakit rosacea. Foto: tangkapan layar YouTube Maia AlElDul TV

kesehatan

Punya Penyakit Rosacea, Maia Estianty: Kena Panas Dikit, Merah

Selasa, 14 September 2021 19:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Musisi dan pengusaha, Maia Estianty mengaku mengidap salah satu penyakit kulit rosacea. Hal itu ia ungkapkan sendiri dalam vlog yang menunjukkan diriinya perawatan di klinik miliknya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

"Guys, aku punya penyakit rosacea. Rosacea itu penyakit kulit yang selalu merah dan susah disembuhkan," katanya dikutip dari kanal YouTube Maia AlElDul TV, Selasa, 14 September 2021.

"Makanya alasan kenapa punya klinik dan dokter adalah untuk merawat supaya tetep kelihatan fresh dan muda," tambahnya ditemani seorang dokter perempuan berambut panjang bernama Herna.

Kemudian Maia tampak menerima immune booster sebagai salah satu persiapannya sebelum berangkat ke Amerika Serikat bersama suami, Irwan Mussry. 

"Maya nih karena mau berangkat (Amerika Serikat), kita kasih immune booster untuk supaya kuatlah di zaman kayak gini (pandemi Covid-19)," jelas dokter berbusana serba coklat, memakai penutup kepala biru dan masker putih.

Maia Estianty berbincang dengan salah satu dokter kulit di klinik kecantikan miliknya, EMK. Foto: tangkapan layar YouTube Maia AlElDul TV

Sambil duduk di kursi diinfus untuk menerima immune booster, Maia melanjutkan berbagi soal rosacea yang diidapnya. "Rosacea itu penyakit kulit, keturunan yang mungkin tampaknya seperti jerawat, tapi enggak. Dan kulitnya merah dan itu susah disembuhkan, bahkan enggak bisa disembuhkan," tukasnya sembari menunjukkan foto wajahnya yang kemerahan.

"Dia (rosacea) termasuk bawaan genetik sih, tapi bisa dikontrol," timpal dokter Herna.

"Makanya aku sering-sering ke klinik karena aku butuh untuk di-treatment itu supaya gak terlalu marah kulitnya. Karena ini susah banget, kena panas dikit, merah. Kena dingin dikit, merah. Kena apa dikit, merah," ungkap ibu tiga putri ini.

Rosacea adalah penyakit kulit kronis yang mempengaruhi lebih dari 16 juta orang Amerika. Menurut Healthline, penyebab rosacea masih belum diketahui, dan tidak ada obatnya. Namun, penelitian telah memungkinkan dokter menemukan cara untuk mengobati kondisi tersebut dengan meminimalkan gejalanya.

Gejala khas Rosacea adalah benjolan kecil, merah, berisi nanah pada kulit yang muncul selama kemerahan. Biasanya, rosacea hanya mempengaruhi kulit di hidung, pipi, dan dahi. Saat kemerahan terjadi, orang yang mengalami rosacea akan merasa kulit seperti terbakar, gatal, dan perih saat menggunakan makeup atau produk perawatan kulit.

Maia Estianty mengidap penyakit kulit rosacea. Foto: tangkapan layar YouTube Maia AlElDul TV

Kemerahan sering terjadi dalam siklus. Ini berarti Anda akan mengalami gejala selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, gejalanya akan hilang, dan kemudian kembali lagi.

Seperti yang diungkapkan di atas penyebab rosacea belum ditentukan. Ini mungkin kombinasi dari faktor keturunan dan lingkungan. Diketahui bahwa beberapa hal dapat memperburuk gejala rosacea seperti makan makanan pedas, makanan yang mengandung senyawa cinnamaldehyde, seperti kayu manis, coklat, tomat, dan jeruk, minum kopi atau teh panas, atau adanya tungau kulit dan bakteri.

Rosacea tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol dengan produk perawatan kulit yang sesuai dan hindari pemicunya. Pastikan untuk merawat kulit Anda menggunakan pembersih lembut dan produk perawatan kulit berbasis air yang bebas minyak.

Hindari produk yang mengandung alkohol, menthol, witch hazel, dan bahan-bahan pengelupasan yang dapat memicu timbulnya kemerahan. Selain itu, hindari paparan sinar matahari secara langsung dan selalu memakai tabir surya.

Ada pula sejumlah rejimen krim antibiotik, antibiotik oral dan perawatan lainnya seperti laser atau mikrodermasi di bawah pengawasan dokter kulit seperti yang dilakukan Maia Estianty.

Baca juga: Menuju Hawaii, Maia Estianty dan Suami Kompak Berbusana Nuansa Gelap