Cinta Mutia Ayu - Glenn Fredly, Kenalan di Restoran dan Lamaran di Selandia Baru

Mutia Ayu mengunggah foto liburan bersama Glenn Fredly dengan ucapan cinta. Ia juga menyebut jika unggahan ini bertepatan dengan 40 hari putri mereka. Instagram/@Mutia_ayuu

cinta

Cinta Mutia Ayu - Glenn Fredly, Kenalan di Restoran dan Lamaran di Selandia Baru

Sabtu, 4 September 2021 09:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Mutia Ayu mengisahkan awal kisah cintanya dengan mendiang Glenn Fredly. Sebelum jumpa pertama karena dikenalkan oleh seorang teman, menurut Mutia, Glenn sudah pernah mengirim direct message (DM) kepadanya di Instagram, tapi tak direspons. Sebab saat itu Glenn maupun Mutia memiliki pasangan masing-masing yang disebutnya "petualangan".

"Pada tahun 2000 sekian adalah ya aku gak sebutin. Karena pada saat itu juga posisinya kita punya petualangan masing-masing. Jadi, aku menghargailah. Nah pada saat itu dia DM aku. Nge-DM ngajakin ketemuan. Karena pada saat itu aku ada petualangan sendiri, jadi aku menghargai petualanganku itu. Ya dibilang pasanganku saat itu," ucap Mutia di kanal YouTube-nya, Mutia Ayu, Jumat, 3 September 2021.

Mutia dikenalkan dengan Glenn saat makan siang di restoran dalam hotel kawasan Jakarta Pusat pada 8 Juli 2018. Di perkenalan pertama itu, Glenn mengajaknya untuk melihat pertunjukannya hari itu.Mengingat ibundanya, Lani, dari Sukabumi akan datang ke Jakarta, Mutia menolak ajakan pelantun Kasih Putih itu. Kebetulan pertemuan pertama Mutia dan Glenn beberapa hari setelah Mutia pulang dari Kolombia, Amerika Selatan. Ia berada di sana selama beberapa bulan.

"Nah, trus aku bilang, 'sorry aku gak bisa banget karena mamaku datang'. Pokoknya intinya aku menghargai mamaku datang dari Sukabumi sama kakakku dan iparku. Nah, akhirnya pulang," tutur perempuan yang mengawali karier di dunia hiburan lewat peran figuran di beberapa sinetron. 

Kenang seminggu kepergian Glenn Fredly, Mutia Ayu unggah foto berdua sembari bergandengan tangan dan kompak memakai kacamata. Foto ini diunggah pada Rabu, 15 April 2020. Instagram.com/@mutia_ayuu

Sejak perkenalan pertama, Mutia mengatakan mereka selalu berjumpa. Entah makan di restoran padang favorit Glenn, nonton film, nonton konser di luar negeri atau menyaksikan Glenn bernyanyi di suatu acara.

"Dari pertama bertemu, aku gak pernah putus hubungan dari dia. Setiap hari ketemu, pasti ngajak ketemu, kecuali dia pergi keluar kota untuk show," imbuh perempuan 26 tahun ini.

Selama pertemuan intens itu, Mutia mengaku tak pernah mengorek kisah cinta dan masa lalu Glenn. "Aku takut risih aja sama dia. Karena aku memposisikan kalau aku sebagai dia, aku juga males digitu-gituin. Karena kalau dipikir sekarang-sekarang, visi misi aku sama Glenn sama, enggak suka sama hal-hal privasi dikulik-kulik," ucap perempuan yang mengaku senang bernyanyi dangdut sejak kecil.

Meski sudah intens bertemu, Mutia mengungkapkan tak ingin terbawa perasaan (baper) hubungannya dengan Glenn. Karena itu, ia tak mengunggah kisah cinta mereka saat masih pacaran di media sosial. Pertimbangannya antara lain bisa jadi ada perempuan lain yang juga dekat dengan Glenn dan mencegah anggapan hubungan ini demi mendompleng popularits Glenn.

"Maksudnya Glenn tuh artis, penyanyi hebat, karismatik, pasti yang deket itu (perempuan) banyak, bukan aku aja. Ngapain bangga sama sesuatu hal yang belum pasti," tukas bungsu dari dua bersaudara itu.

"Beda lagi kalau kita sudah menikah, gue mo posting sebanyak apa pun semau gue. Mungkin itu alasan aku tidak mempublish pas masih pacaran, itu salah satunya," sambungnya.

Mutia Ayu mengunggah foto liburan bersama Glenn Fredly. Ia menyertakan caption "Lucky me" dalam unggahan ini. Instagram/@Mutia_ayuu

Setelah enam bulan pendekatan dan saat Glenn menyebutnya sebagai "perempuan saya", Mutia mengaku semakin jatuh cinta. Sebutan itu terucap saat Glenn ingin melihat kontrak kerja Mutia di lagu Juragan Empang. Glenn baru mengetahui pekerjaan itu saat video klip dirilis, bukan dari Mutia Ayu sendiri

'Kamu kan perempuan saya, saya tidak mau ada sesuatu hal buruk nantinya. Saya tidak masalah kamu nyanyi dangdut, tapi saya butuh kontraknya, mau lihat kontraknya karena saya mau melindungi perempuan saya' dia bilang begitu," ujarnya.

Kemudian di akhir tahun 2018, Glenn sakit tifus. Di momen menjaga Glenn di rumah sakit, Mutia memantapkan hati akan mencintai Glenn sepenuh hati.

"Di situ aku berikrar sama Tuhan, 'gue jatuh cinta dengan laki-laki ini. Gimana pun caranya, gue bakal urusin dia sampai kapan pun, sampai tua. Gue urusin'. Karena aku gak pernah nangis untuk hal-hal kayak gini, kan. Aku tuh orangnya jarangan nangis," tuturnya yang saat itu menjaga Glenn di rumah sakit bergantian dengan adik Glenn, Uchie Patty, dan Manajer Glenn, Rachel Latuihamallo.

Ternyata masa pendekatan Glenn dan Mutia tak selalu berjalan mulus. Mutia dan temannya yang sedang makan siang di suatu mal sempat melihat Glenn berjalan dengan teman perempuannya. Saat itu, Mutia memilih tak menghampirinya, tapi menanyakan langsung dengan Glenn di rumahnya kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Di perbincangan itu, Mutia mengungkapkan isi hatinya yang ingin mengurus Glenn hingga akhir hayat.

" 'Bahwa aku tulus sama kamu. Aku mau menerima kamu apa adanya. Aku bakalan mencintai kamu sepenuh hatiku, bukan cuma sekarang indahnya, juga masa lalu kamu. Hitam putih gue bakalan cintai semuanya. Dan satu hal yang kamu tahu, aku pengen ngurusuin kamu sampai akhir hayat kamu'. Itu keluar begitu saja dari mulut aku," kenangnya.

Mendengar hal tersebut, Glenn mengatakan belum pernah ada satu pun perempuan yang berucap seperti Mutia. " 'Dan yang paling syok lagi, usia kamu jauh lebih muda dari saya. Kita berbeda 20 tahun," Mutia meniru ucapan Glenn.

Kemudian mereka berpelukan dan Glenn menjelaskan bahwa perempuan itu hanyalah teman dekatnya di masa lalu. Hanya Mutia yang menjadi Ratu di hatinya.

Baca juga: Mutia Ayu Paling Suka saat Glenn Fredly Menyetir Mobil: Momen Itu Mahal

Glenn Fredly dan Mutia Ayu (Instagram/@mutia_ayu)

Singkat cerita, saat Mutia pulang kampung ke Sukabumi pada 8 April 2019, Glenn semakin mengekspresikan keseriusannya. Ia membuat lagu berjudul Pulang Kampung dan mengirimkan kepada Mutia. Sepulang Mutia dari Sukabumi, Glenn semakin tak bisa jauh dari Mutia.

"Dikit-dikit pengen ditemenin keluar kota, dikit-dikit pengen ditemenin meeting," ujarnya.

Mutia juga ikut pergi ke Selandia Baru atau New Zealand saat Glenn mengisi acara di sana. Perjalanan bisnis sekaligus liburan itu menjadi momen Glenn melamar Mutia.

"Ala-ala ngelamarlah di New Zealand itu, tapi gak frontal 'kamu mau gak jadi istri aku' gak gitu juga. Gak (dinyanyiin) juga. Kita ngobrol aja, dia tuh bilang, 'saya seserius itu sama kamu. Saya pengen serius sama kamu. Nanti kita pulang dari New Zealand, kita ke rumah orang tua kamu, saya mau minta kamu' akhirnya dari New Zealand kita ke rumah," katanya.

Satu bulan setelah lamaran, Mutia Ayu dan Glenn Fredly menikah pada 19 Agustus 2019. Pernikahan mereka berlangsung di Jakarta dan hanya dihadiri keluarga dan kerabat. Keduanya dikaruniai anak pertama pada 28 Februari 2020 yang diberi nama Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo. Glenn wafat akibat meningitis atau radang selaput otak setelah 40 hari kelahiran putrinya pada 8 April 2020. Oleh karena itu , bagi Mutia, angka 8 punya arti mendalam bagi Mutia.

Baca juga: Mutia Ayu Bicara Kekuatan Cahaya Mengenang 1 Tahun Kepergian Glenn Fredly