Cara Donna Agnesia Mengamati Bakat Anaknya, Support dan Didampingi

Donna Agnesia mendampingi putrinya melukis/Foto: Instagram/Donna Agnesia

keluarga

Cara Donna Agnesia Mengamati Bakat Anaknya, Support dan Didampingi

Minggu, 29 Agustus 2021 11:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai orang tua tentu merasa senang bisa mengetahui bakat buah hati mereka, terlebih jika bisa mendukung apa yang menjadi minat anak-anak. Begitu pula yang dirasakan Donna Agnesia saat mendampingi putrinya Sabrina, melakukan minat yang ia inginkan.

Istri Darius Sinathrya ini mengunggah rasa bahagianya di laman instagram, Jumat 27 Agustus 2021 lalu. "Sabrina & her painting," tulisnya.

Menurut Donna, belakangan ini Sabrina lagi senang melukis. Biasanya selalu bikin di kertas A4 dan beberapa hari lalu minta dibelikan kanvas.

"Anak satu ini memang kalau lagi suka sesuatu pasti ituuuu saja yg dikerjakan. & sepertinya Sabrina memang lebih terlihat bakat seninya," tulisnya.

Dona mengatakan sebagai orang tua, ia dan Darius akan selalu memberikan dukungan kepada setiap bakat dan minat anak-anak mereka selama memang itu positif dan mereka senang melakukannya. "Semangat terus berlatih ya Chub .. I’m so proud of you," puji Dona kepada putrinya.

Apa yang dilakukan oleh Donna Agnesia, jika melansir dari laman Health Usnews disebutkan jika anak-anak membutuhkan waktu dan ruang untuk mengeksplorasi dan bakat dan minat sehingga mereka dapat menemukan apa yang benar-benar mereka sukai.

Memberi mereka kesempatan untuk mengejar keinginan saat mereka menemukannya, akan membantu mereka menentukan dan mengembangkan bakat mereka.

Pada banyak cerita, orang tua cenderung mendaftarkan anak-anak ke banyak kegiatan, terutama kegiatan yang mereka anggap penting dan berharga dan yang mereka bayangkan akan disukai anak-anak mereka.

Kenyataannya, bagaimanapun, adalah bahwa apa yang beresonansi bagi orang tua mungkin atau mungkin tidak menarik bagi anak. Selain itu, hanya ada begitu banyak jam dalam sehari.

Anak-anak yang terlalu banyak jadwal cenderung merasa sangat stres dan tidak memiliki energi mental yang tersisa untuk eksplorasi, rasa ingin tahu, dan pemikiran kreatif. 

Anak-anak membutuhkan waktu dan ruang untuk mengeksplorasi dan terpapar berbagai bidang minat dengan cara yang lebih minimal, sehingga mereka dapat menemukan apa yang benar-benar mereka sukai.

Memberi mereka kesempatan untuk mengejar keinginan ini, saat mereka menemukannya, akan membantu mereka menentukan dan mengembangkan bakat mereka.

Seringkali orang tua berpikir bahwa tidak penting di mana minat anak berada, dan selama anak cukup berlatih, adalah mungkin untuk menjadi ahli dalam segala hal. Hal tersebut menjadi kurang tepat.

Studi telah menemukan bahwa meskipun banyak latihan dapat membuat Anda mahir dalam sesuatu, itu adalah hasrat yang mendalam di balik apa yang Anda praktikkan yang memungkinkan otak bermandikan dopamin, neurotransmitter hadiah, yang meningkatkan koneksi saraf lebih jauh dan membuat bakat luar biasa.

Baca: Kunci Quality Time ala Donna Agnesia dan Darius Sinathrya, Bicara dan Mendengar