5 Manfaat Tanaman Porang untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Jantung dan Diabetes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pekerja melakukan aktivitas di pabrik pengolah porang PT Asia Prima Konjac di Desa Kuwu, Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis 17 Juni 2021. Pabrik tersebut mampu mengolah 80 hingga 200 ton umbi porang basah perhari atau 24 ribu ton hingga 60 ribu ton per tahun menjadi 12 ton keripik dan dua ton tepung porang per hari atau 3.600 ton keripik dan 600 ton tepung porang per tahun. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Pekerja melakukan aktivitas di pabrik pengolah porang PT Asia Prima Konjac di Desa Kuwu, Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis 17 Juni 2021. Pabrik tersebut mampu mengolah 80 hingga 200 ton umbi porang basah perhari atau 24 ribu ton hingga 60 ribu ton per tahun menjadi 12 ton keripik dan dua ton tepung porang per hari atau 3.600 ton keripik dan 600 ton tepung porang per tahun. ANTARA FOTO/Siswowidodo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tanaman porang termasuk dalam klasifikasi umbi-umbian dengan nama marga Amorphophallus. Bentuk pohon porang berupa batang tunggal dan semu yang diameternya antara 5 mm hingga 50 mm. Belakangan ini, popularitas tanaman porang semakin menanjak drastis di Indonesia. Pohon porang tadinya hanya dianggap sebagai tanaman liar yang memiliki aroma tidak sedap. Namun persepsi tersebut langsung berubah total sejak mengemuka manfaat dari tanaman porang.

Salah satunya berkat kandungan glukomanan pada umbinya, kegunaan porang lebih banyak dikenal untuk bahan makanan seperti tepung, konnyaku, jelly, mi, gelatin dan keripik.  Porang juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, kecantikan, dan kehidupan sehari-hari. Berikut sederet manfaat tanaman porang dikutip dari petanidigital.id:

1. Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan glukomanan dalam tanaman porang juga bisa mencegah penyakit diabetes. Sebab, glukomanan dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang terlalu berlebihan. Oleh sebab itu, porang sangat cocok dijadikan makanan tambahan bagi para penderita diabetes. Cara mengonsumsinya beragam salah satunya yaitu dicampur dengan bahan lain seperti ginseng sehingga khasiatnya akan lebih banyak.

2. Mengatasi Peradangan

Setelah para ahli meneliti umbi tanaman porang juga mengandung zat anti-inflamasi. Dengan alasan itu, porang mampu mengatasi inflamasi atau peradangan yang terjadi pada tubuh bagian dalam.

Tidak hanya peradangan, porang ternyata juga bisa membuat luka cepat sembuh. Sebab, kandungan glukomanannya bekerja membangun sistem imun secara efektif yang berdampak pada meningkatnya kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

3. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang diet maupun menjaga berat badan, tanaman porang dapat dijadikan salah satu alternatif pengganti nasi. Kandungan karbohidratnya mampu memenuhi kebutuhan tubuh dan membuat Anda kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi porang dalam bentuk suplemen. Setiap suplemen mengandung glukomanan dari umbi tanaman porang yang sudah ditakar sesuai porsi. Dengan mengkonsumsi secara rutin, maka 1.200 kalori mampu dibakar.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Tanaman porang juga bermanfaat untuk menjaga jantung tetap sehat. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi porang secara berkala terutama bagi Anda yang memiliki permasalahan pada jantung. Selain itu, porang juga berkhasiat melancarkan peredaran darah sekaligus mengusir kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan memiliki sirkulasi darah yang lancar maka Anda akan terhindar dari risiko penyumbatan pembuluh darah.

Baca juga: Jenis Gangguan Jantung yang Perlu Diperhatikan, Gejalanya Nyeri Dada yang Khas

5. Menurunkan Risiko Kanker Usus

Seperti tanaman umbi-umbian pada umumnya, porang juga mengandung serat yang cukup tinggi. Tidak mengherankan apabila porang berkhasiat menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat sekaligus mencegah sembelit. Dengan memiliki organ pencernaan yang bagus maka akan mengurangi risiko kanker usus. Peradangan pada bagian usus juga dapat dicegah terlebih lagi porang bersifat anti-inflamasi.

6. Merawat Kesehatan Kulit

Bukan hanya dari luar, menjaga kesehatan kulit juga perlu dilakukan dari dalam. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan tanaman porang. Permasalahan jerawat juga bisa diatasi berkat kandungan umbi tanaman porang yang mampu memerangi bakteri penyebab jerawat.

7. Menjernihkan Air

Selain untuk kesehatan dan kecantikan, tanaman porang juga berkhasiat untuk menjernihkan air yang kotor. Kandungan glukomanan pada tanaman porang ampuh membersihkan air dan menjadikannya jernih kembali. Tidak perlu khawatir soal efek samping karena kandungan dalam porang akan larut sendirinya di dalam air tanpa menimbulkan bahaya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."